Franciska Meilani: Bertemu Super Junior Adalah Kebetulan yang Manis

3

Bertatap muka langsung dengan sang idola tentu menjadi impian banyak penggemar. Bagi Franciska Meilani, apa yang ia jalani sebagai penggemar adalah sebuah “Dream Comes True”. Sebagai seorang yang mengaku sebagai “penggemar biasa”, Mei begitu ia biasa disapa memiliki segudang pengalaman seru tidak hanya bersama idola favoritnya, namun juga hal-hal yang berhubungan dengan KPop.

tikeKecintaannya pada Kpop dimulai sejak tahun 2005, kala itu Shinwa menjadi idolanya. Namun titik baliknya sebagai penggemar dimulai ketika ia menyukai Super Junior hingga terbang ke Hongkong untuk menonton langsung konser Super  Show 3 tahun 2009 silam. Berkat Kpop juga ia pun akhirnya bersahabat dekat dengan Tike Priatnakusumah atau akrab disapa teh Tike (baca juga: Tike Priatnakusumah: Super Junior, ‘You Had Me at Bonamana’)

“Semua sudah menjadi jalan Tuhan ya, sudah diatur dan kalau boleh dibilang itu kebetulan yang manis,” ujarnya malu-malu.

Nama Mei di telinga promotor di Indonesia sudah tidak asing lagi, bukan lantaran ia menjadi penggemar Shinwa atau Super Junior, namun karena usaha besarnya memboyong Kpop hingga masuk ke Indonesia.

“Berawal dari Super Show 4 di Jakarta, itu menjadi salah satu pembuka kejayaan Kpop di Indonesia,” kenangnya.

Promotor-Fransisca

Penggemar Kyuhyun Super Junior ini mengaku bisa berhubungan dengan promotor acara musik di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Kala itu, ia memang ingin sekali menjadikan Jakarta salah satu tujuan konser Super Show 4.

“Menyelenggarakan sebuah konser besar, terutama konser Kpop bukannya hal gampang. Karena berbeda dengan konsep konser Western, konser idola Kpop cenderung berkonsep pertunjukkan sehingga tidak hanya sekedar panggung dan alat musik,” imbuhnya.

Keberhasilan Mei memboyong Kpop ke Jakarta, diawali dengan perjalanan liburannya di Korea Selatan. Saat itu ia banyak menjalin pertemanan dengan orang-orang yang bekerja di televisi. Dari lingkaran pertemanannya itulah, Mei akhirnya bisa mengenal beberapa orang yang bekerja di perusahaan manajemen idola.

“Pada dasarnya aku suka berteman, jadi waktu jalan-jalan ke Korea aku banyak berkenalan dengan orang. Tidak disangka itu yang menjadi jalan buat aku bisa membawa konser Kpop masuk ke Jakarta,” kata Mei.

Ketika ditanya mengenai perkembangan Kpop di Indonesia, Mei tidak menyembunyikan kekecewaannya. “Kpop berkembang pesat dalam dua tiga tahun terakhir, namun kini gaungnya makin pelan,” keluhnya.

Menurut Mei, daya beli penggemar Kpop di Indonesia masih cukup rendah dibandingkan dengan Negara lain. Jika dibandikan dengan Malaysia dan Singapura jumlah penduduk kita lebih banyak dan Negara kita lebih besar namun daya beli penggemar Kpop Indonesia lebih rendah.

“Promotor dan manajemen melihat minat yang cukup besar dari penggemar Kpop di Indonesia, sayangnya hal tersebut tidak terlihat secara aktif,” tambahnya lagi. Hal ini bisa menyebabkan, idola Kpop “enggan” mampir ke Indonesia.

Contoh kecil yang terjadi saat ini adalah kebiasaan penggemar yang lebih suka membeli tiket konser On The Spot. Menurut Mei, hal ini bukanlah kebiasaan yang bagus karena promotor dan pihak manajemen cenderung melihat respon penggemar ketika memulai penjualan tiket secara online atau pre order. “Ketika melihat bahwa penjualan online dan pre order buruk, ini akan menjadi warning dari pihak manajemen untuk mempertimbangkan konser berikutnya,” jelas Mei.

Kebiasaan ini cenderung dipengaruhi oleh pola pikir bahwa membeli tiket pada hari H konser maka akan mendapatkan harga yang lebih murah. “Memang tiket konser Kpop lebih mahal namun itu justru sebanding dengan penampilan luar biasa selama berjam-jam, selain itu pihak manajemen akan melihat ini sebagai bentuk loyalitas pengemar,” tambahnya. Menurut Mei, Kpop akan tetap bertahan di Indonesia sesuai dengan loyalias dari penggemar. Mei sedikit menyanyangkan jika penggemar Kpop tidak aktif mendukung idolanya.

teh tike

Dalam beberapa jam, konser Super Show 6 agak siap digelar di Jakarta dan ini menjadi salah satu “dreams come true” bagi Mei karena untuk yang ke sekian kali berhasil memboyong lagi Super Junior ke Indonesia. Kali ini, Mei mengatakan bahwa konser Super Show 6 in Jakarta yang menjadi tempat persinggahan terbaik Super Junior akan dikemas lebih spesial. Pasalnya, karena kegiatan padat para member (khususnya yang wajib militer) memungkinkan konser Super Show 6 ini adalah konser terakhir yang akan digelar dalam waktu dekat.

 

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

3 COMMENTS

  1. Kak Mei ini ‘legend’ banget diantara pecinta Kpop, khususnya buat ELF. Bisa dibilang kak Mei ini yang berjasa bisa bawa Suju ke Indonesia yang akhirnya membuka jalan untuk konser-konser Kpop lainnya. I adore her patience <3!

Leave a Reply