Hubungan Korea Selatan dan Indonesia Menginjak Usia Emas

SALAMKOREA.COM – Tahun ini, 2023, Korea dan Indonesia menyambut peringatan 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik.

Pemerintah Korea (Kedutaan Besar Republik Korea) akan menyuguhkan beragam acara mulai dari kegiatan pertukaran, kebudayaan, hingga loka karya akademik sepanjang tahun 2023 baik di Indonesia maupun di Korea. Melalui serangkaian acara tersebut, diharapkan Kemitraan Strategis Khusus (Special Strategic Partnership) antara kedua negara dapat menjadi lebih berbobot.

Tahun penting ini telah dimulai dengan pemberlakuan Indonesia-Korea Comprehensive Economic Cooperation Partnership Agreement (IK-CEPA) per 1 Januari 2023.

Beberapa acara yang diharapkan menarik banyak perhatian adalah,
– Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik yang akan digelar pada September 2023,
– seminar Internasional dan konser K-pop yang dijadwalkan untuk semester pertama tahun ini.

Sesuai lingkup kerja sama antara kedua negara, sebanyak 40 lebih acara peringatan 50 tahun akan meliputi berbagai bidang secara menyeluruh, antara lain: politik dan diplomasi, industri pertahanan, ekonomi, budaya dan kesenian serta olahraga.

Pemerintah Korea (Kedutaan Besar Republik Korea) bersama dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia telah menetapkan logo dan slogan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik tahun 2023 dan saat ini sedang menjalankan proses penentuan insan duta promosi. Lomba desain logo dan slogan telah diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Korea dan KBRI Seoul pada November tahun lalu.

Sebanyak 266 peserta telah menghadirkan hasil karyanya dan telah dipilih 3 pemenang lomba (2 pendesain logo, 1 pendesain slogan) untuk diberikan penghargaan. Pendesain yang meraih juara terbaik bagian logo, menggambarkan angka 50 dengan memadukan lambang ‘taegeuk’ yang identik dengan Korea Selatan dan ‘burung garuda’ yang merupakan lambang negara Indonesia. Perpaduan taeguk dan garuda menjadi ikon baru untuk mendeskripsikan hubungan persahabatan dan kerja sama antara Korea dan Indonesia.

Sementara itu, slogan yang terpilih berbunyi “Closer Friendship, Stronger Partnership.” Slogan tersebut menitikberatkan persahabatan dan kemitraan antara Korea dan Indonesia selama setengah abad, dan sekaligus menunjukkan visi kedua negara selama setengah abad ke depan untuk terus memajukan
hubungannya atas kerja sama yang semakin erat.

Pemerintah Korea (Kedutaan Besar Republik Korea) akan mendukung penuh seluruh program dan acara dalam memperingati hubungan emas Korea dan Indonesia pada 2023.