Ini Hasil Laporan Keuangan 5 Agensi Terbesar Korea Selatan

0

yg

SALAMKOREA.COM – Pendapatan dari lima agensi besar Korea diungkap ke publik selama tahun 2015. Pendapatan mulai dari penjualan, keuntungan bersih hingga pemasukan pun dapat diketahui secara terbuka.

Agensi tersebut adalah SM, YG, FNC, JYP, dan Cube Entertainment. Pada tahun 2015 lalu, SM Entertainment unggul dari segi pendapatan dengan lebih dari 325 milyar KRW penjualan diikuti dengan YG Entertainment sebesar 193 milyar KRW. Pendapatan agensi BIGBANG ini hanya mencapai 60 persen dari pemasukan SM Entertainment.

Ketiga perusahaan lainnyam yakni FNC, JYP, dan Cube Entertainment mendapatkan masing-masing 72 milyar KRW, 50 milyar KRW dan 22 milyar KRW.

Meski SM unggul dari YG dari segi penjualan, namun mereka memiliki pemasukan bersih yang lebih sedikit dari YG, sehingga YG lebih unggul secara keuntungan dengan margin yang lebih besar. Pemasukan bersih SM tahun 2015 lalu sebesar 18 milyar KRW sedangkan YG sebesar 24 milyar KRW.

Meskipun masing-masing perusahaan memiliki nilai penjualan yang impresif, satu perusahaan dari keempatnya mendapatkan pemasukan bersih yang buruk pada tahun lalu.

Cube Entertainment memiliki penjualan bersih sebesar 22 milyar KRW di tahun 2015. Namun demikian, pemasukan bersih hanya 5.5 milyar KRW. Tahun lalu pemasukan bersih hanya senilai 1 milyar KRW.

Tahun 2014, JYP mendapatkan lebih rendah dari FNC namun tahun 2015 ini mereka mengambil kembali posisi mereka di peringkat 3 dengan pemasukan 3.2 milyar KRW. Sedangkan FNC senilai 2.2 milyar KRW di tahun 2015 lalu.

Penjualan SM tampaknya meningkat dengan akuisisi mereka terhadap Woolim Entertainment yang memiliki grup populer seperti Infinite dan Lovelyz. Sedangkan YG meningkat berkat album MADE milik BIGBANG dan tur dunia.

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

NO COMMENTS

Leave a Reply