Ini 10 Lagu Kpop yang Wajib Penggemar Tahu!

5

Penggemar tentu sudah update tentang lagu-lagu para idola Kpop yang menjadi hits dan duduk di peringkat tangga lagu. Sebut saja idol seperti Super Junior, SNSD, Big Bang, 2NE1, Wonder Girls, miss A, Beast, 2PM, Sistar, APink, EXO dan masih banyak lagi yang merupakan bagian dari “Idola Masa Kini”.

baby vox

Baby Vox dengan member Yoon Eun Hye yang bergabung di album ketiga.

Sebelum idola Kpop yang banyak dikenal saat ini ada, mereka memiliki senior yang terlebih dulu menghentak dunia hiburan Korea. Merekalah yang menjadi pelopor Hallyu jauh sebelum para bintang idola Kpop yang kini ada menuai sukses dan keberhasilan. Nah bagi Jeolchin yang mengaku penggemar Kpop tentu harus tahu lagu-lagu Kpop yang populer di era 1990an hingga awal 2000an.

Ada sepuluh lagu yang hingga kini masih menjadi favorit penggemar Kpop di Korea wajib diketahui untuk Jeolchin yang mengaku bagian dari penggemar para bintang Hallyu.

1. H.O.T – Candy (1996)

H.O.T merupakan grup idola pria pertama SM Entertainment yang mendominasi layar kaca masa itu. Konsep cute dengan gerakan dance yang unik menjadi ciri khas lagu ini dan berhasil memberikan pengaruh bagi grup seperti Shinwa ke DBSK lalu ke B1A4. Bahkan hampir setiap grup memiliki konsep seperti ini dalam beberapa lagu mereka.

2. S.E.S – Dreams Come True (1997)

Sama seperti H.O.T, grup S.E.S merupakan grup idola wanita pertama SM Entertainment ketika debut di tahun 1997. Lagu ini menjadi hits dengan iramanya yang melekat dengan gaya komposisi musik dari berbagai bagian musik di dunia. Lee Soo Man dan Yoo Young Jin adalah dua orang yang membuat ide mengenai komposisi musik di lagu ini. Ada bagian rap dan juga yang cocok ketika dibawakan sambil menari.

3. 1TYM – 1TYM (1998)

Banyak yang memperdebatkan apakah grup 1TYM merupakan bagian dari Kpop karena grup ini menulis dan memproduksi lagu mereka sendiri. Meski demikian, grup yang bernaung di bawah YG Entertainment dan menjadi kesuksesan pertama YG. Grup ini menggabungkan elemen musik hip hop, RnB, dan pop. Tentu saja kini, elemen ini mempengaruhi grup juniornya seperti Big Bang dan 2NE1, perlu juga diketahui salah satu member 1TYM, Teddy merupakan orang yang banyak berperan di balik kesuksesan Big Bang dan 2NE1.

4. Sechs Kies – Couple (1998)

Pada tahun 1990an DSP Media yang menaungi grup Sechs Kies dapat dikatakan menjadi salah satu ancaman untuk SM Entertainment yang kala itu berhasil dengan H.O.T. Jika Jeolchin pernah menonton drama Reply 1997 akan paham mengapa ada persaingan antara penggemar dari grup idola. Pada masa ini, bisa dikatakan DSP Media merupakan salah satu perusahaan hiburan paling sukses.

5. FIN.K.L – Now (2000)

FIN.K.L adalah grup naungan DSP yang paling populer kala itu. Grup wanita yang mendapar julukan terpopler sepanjang waktu. Salah satu membernya adalah Lee Hyori yang kini menjadi salah satu bintang Korea terkenal. Mereka debut dengan konsep manis dan lugu di tahun 1998. Salah satu lagu yang paling menggambarkan konsep mereka adalah lagu “To My Boyfriend”. Grup ini juga menjadi grup pertama yang merubah konsep mereka secara drastis menjadi lebih dewasa pada masa itu.

6. g.o.d – Friday Night (2000)

Mereka adalah grup pria pertama JYP Entertainment yang debut tahun 1999. Mereka menjadi grup yang sukses dengan konsep RnB Lite. Lagu”Friday Night” merupakan hits mereka yang masih dikenal dan menjadi ciri khas g.o.d hingga saat ini.

7. Shinhwa – Eusha Eusha (1998)

Shinwa memiliki arti legenda, dan benar saja grup ini menjadi grup paling lama bertahan hingga 15 tahun. Meskipun tidak sesukses seniornya H.O.T namun lagu mereka “Eusha Eusha” yang merupakan single kedua masuk dalam daftar 10 lagu hits setelah dirilis.

8. Baby V.O.X – Get Up (1999)

Ketika memulai debut Baby V.O.X tidak banyak menerima perhatian dari publik yang kala itu lebih menyukai konsep cute seperti S.E.S and FIN.K.L. Mereka pun merubah image dewasa mereka menjadi lebih manis dan cute di album ketiga dengan lagu “Ya Ya Ya”.  Pada album ketiga, Yoon Eun Hye bergabung dan membuat grup ini sukses. Mereka pun memulai konsep seksi dengan lagu “Get Up” yang populer hingga kini.

9. BoA – Listen To My Heart (2002)

BoA adalah idola Kpop pertama yang meraih kesuksesan di Jepang. Ia belajar bahasa Jepang hingga fasih dan mampu berpartisipasi dalam variety show dan wawacara sehingga publik Jepang mengenalnya dengan baik. BoA menunjukkan kesuksesannya di Jepang dengan lagu ini yang albumnya duduk di peringkat 1 tangga lagu Oricon.

10. Rain – Bad Guy (2002)

Lagu ini merupakan single pertama Rain dan mendapat kesuksesan besar. Ia fokus menjalani akting dan musik secara bersamaan untuk meraih popularitas. Merambah pasar Asia dan Amerika, Rain menjadi salah satu bintang Kpop yang sukses merebut banyak perhatian penggemar.

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

5 COMMENTS

Leave a Reply