Begini Acara Penyambutan Tentara Angkatan Laut Korea di Surabaya

0
republic-of-korea-navy-04

Dok. CTTG – Perwakilan Kadet ROKS Moon Ji Woo menerima karangan bunga saat acara penyambutan.

SALAMKOREA.COM – Kedatangan Republic of Korea Navy di Surabaya disambut meriah. Untuk ke-23 kalinya, kapal yang membawa para kadet atau lebih populer disebut calon perwira di Indonesia ini kembali datang ke tanah air. Meski sarat nuansa militer, namun acara penyambutan di upacara pembukaan ini juga terasa hangat dan akrab. Terutama bagi hubungan Indonesia-Korea yang sudah terjalin cukup lama. Pagi hari (5/11) Republic of Korea Navy Cruise Training Task Group (CTTG) resmi berlabuh di Surabaya, komandan kapal, Laksamada Muda Yang Yong Mo menerima kalungan bunga sebagai ucapan selamat datang. Ia pun mengucapkan rasa terima kasihnya atas sambutan yang diberikan kepada awak kapalnya.

republic-of-korea-navy-01

Dok. CTTG – Laksamana Muda Yang Yong Mo saat memberikan sambutan.

Untuk melengkapi kehadiran CTTG di Surabaya, awak kapal dan juga TNI AL pun melakukan foto bersama di anjungan kapal ROKS Kang Gam Chan. Dalam kesempatan ini Laksamana Muda Yang Yong Mo pun berfoto bersama Kepala Komunitas Korea di Jawa Timur, Bae Chun Sik dan Komandan Lantamal Kapten Nava Rukmana.

republic-of-korea-navy-03

Seperti halnya perkembangan budaya Hallyu di Indonesia, kehadiran ROKN pun disambut oleh komunitas Kpop di Surabaya. Meskipun kali ini bukan performance dari para bintang Hallyu, namun tak mengurangi antusias pengunjung untuk ikut menyambut kejadiran tentara angkatan laut asal Korea selatan ini. Buktinya, para murid dari sekolah Bahasa Korea Sejonghakdang pun ikut datang ke pelabuhan, khusus menyambut kedatangan CTTG.

republic-of-korea-navy-02

Dok. CTTG – Laksamana muda Yang Yong Mo (tengah, bagian kanan), Kepala Staf Kim Ki Hwan (paling kanan), dan Komandan ROKS Kang Gam Chan, Kapten Park Chang Joo(tengah, bagian kiri).

Untuk memeriahkan upacara penyambutan CTTG, pemerintah Indonesia yang diwakili oleh TNI AL pun menyiapkan acara khusus. Yakni pembukaan dengan menampilkan tarian tradisional Indonesia yang membuat kagum. Terlihat para awak kapal serta anggota TNI AL saling menikmati acara demi menjalin hubungan antar negara yang lebih baik.

Sementara itu, dalam kunjungan ROKN kali ini membawa sekitar 630 kru kapal, termasuk 138 kadet angkatan 72, sebuah Destroyer, ROKS Kang Gam Chan (DDH – II, 4.440 ton), dan sebuah Auxiliary Oiler Expanded, ROKS Hwacheon (AOE, 4.400 ton). Pelayaran CTTG tahun ini dilakukan selama 98 hari dengan jarak tempuh 18.558NM (34.369km). Perjalanannya dimulai untuk mengunjungi 10 pelabuhan di 10 negara, yaitu Vietnam (Da Nang), India (Mumbai), Uni Emirat Arab (Abu Dhabi), Kuwait (Shuwaikh), Sri Lanka (Colombo), Indonesia (Surabaya), Thailand (Pattaya), Malaysia (Kota Kinabalu), Amerika Serikat (Guam), dan Jepang (Yokosuka).

Tak Hanya Hubungan Militer

Keistimewaan kunjungan ini adalah diadakannya pameran pertahanan untuk mempromosikan teknologi pertahanan mutakhir Republik Korea. Pameran akan berlangsung di ROKS Hwacheon saat kapal dibuka untuk umum. Jadi masyarakat Surabaya bisa secara langsung menikmati dan melihat pameran ini. Selain itu akan ada sejumlah booth untuk memperkenalkan keragaman kebudayaan dan acara Korea. Hal yang dipromosikan termasuk 2018 ROKN International Fleet Review, serta Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 yang merupakan acara olahraga terkenal di dunia yang akan berlangsung pada Februari 2018 mendatang.

 

Baca juga:

ROKS, Kapal Kadet Korea Selatan Berlabuh di Surabaya

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

NO COMMENTS

Leave a Reply