ROKS, Kapal Kadet Korea Selatan Berlabuh di Surabaya

0
navy

Dokumentasi: Koarmatim – TNI AL | Perwakilan Korean Navy Saat ke Surabaya

SALAMKOREA.COM – Menandai kunjungan ke-23 di Indoenesia, Tentara Angkatan Laut Korea atau The Republic of Korea Navy (ROKN) siap berlabuh di Surabaya dengan kapal The Republic of Korea Ship (ROKS), Kang Gam Chan (DDH) dan Hwacheon (AOE) hari ini, 5 November 2017.

Kunjungan ini sendiri merupakan bagian dari The Republic of Korea Navy Cruise Training Task Group 2017 atau 2017 ROKN CTTG yang dikomandoi oleh RDML Yang Yong Mo, ROKN angkatan 44. Kunjungan ini akan berlangsung pada 5 hingga 9 November 2017. ROKN telah berkunjung ke Indonesia pertama kali pada 1970, dan sudah lima kali berlabuh di Surabaya. Sebelumnya, ROKN CTTG ini pernah berlabuh di Jakarta, Sumatera, dan Manado. Sementara itu, program ROK CTTG ini telah menjadi program pelatihan bagi kadet kelas pertama, yang akan menjadi perwira  (64 tahun sejak 1954).

republic-of-korea-navy-04

Meski sifatnya militer, namun kunjungan yang bertujuan juga untuk mempererat hubungan antara Tentara Angkatan Laut Korea dan Indonesia ini juga sarat akan hiburan, lho. Khususnya buat pecinta Hallyu wave, akan ada promosi tentang Hallyu, Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018, dan pameran teknologi Pertahanan akan diselenggarakan selama tur kapal di Surabaya. Pada kesempatan ini pun akan ada open ship,  dimana pengunjung umum bisa melihat-lihat isi kapal. Tentu ini jadi kesempatan yang langka, bukan?

Dalam kunjungan ROKN kali ini ada sekitar 630 kru kapal, termasuk 138 kadet angkatan 72, sebuah Destroyer, ROKS Kang Gam Chan (DDH – II, 4.440 ton), dan sebuah Auxiliary Oiler Expanded, ROKS Hwacheon (AOE, 4.400 ton). Pelayaran CTTG tahun ini dilakukan selama 98 hari dengan jarak tempuh 18.558NM (34.369km). Perjalanannya dimulai untuk mengunjungi 10 pelabuhan di 10 negara, yaitu Vietnam (Da Nang), India (Mumbai), Uni Emirat Arab (Abu Dhabi), Kuwait (Shuwaikh), Sri Lanka (Colombo), Indonesia (Surabaya), Thailand (Pattaya), Malaysia (Kota Kinabalu), Amerika Serikat (Guam), dan Jepang (Yokosuka).

Acara Istimewa di Surabaya
Secara khusus, kunjungan tahun ini bisa dikatakan sebagai perayaan 44 tahun hubungan Republik Korea dan Republik Indonesia. Maka ada banyak acara kebudayaan yang telah disiapkan untuk mempererat hubungan persahabatan dan memperdalam kerjasama keamanan. Acara-acara ini bahkan terbuka untuk umum, lho. Berikut adalah jadwal acara ROKN selama di Surabaya:

• Minggu, 5 November 2017 jam 10:40 akan diadakan acara penyambutan oleh Komunitas Korea di Surabaya. Sementara acara pembukaan ROKS Kang Gam Chan dan Hwacheon (open ship) untuk umum pada jam 10:00 – 16:00.

• Pada Senin pagi, 6 November 2017, CTTG akan mengunjungi beragam basis Angkatan Laut Indonesia, termasuk Akademi Angkatan Laut, Komando Armada Timur, Lantamal 5, serta institusi pemerintahan, seperti Balai Kota. ROKN CTTG juga menjadi tuan rumah resepsi yang akan diadakan di atas kapal.

• Dalam kunjungan ke Akademi Angkatan Laut, kadet Republik Korea akan mempersembahkan pertunjukan budaya, seperti taekwondo dan musik tradisional. Selain itu, akan diadakan pertandingan persahabatan antar kadet.

• CTTG akan menampilkan pertunjukan gabungan pada 7 November 2017 di Gelanggang Pemuda Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

• Pada 7 November 2017 jam 15:00 – 16:30 di Gelanggang Pemuda Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akan diadakan pertunjukan gabungan dimana acaranya terbuka untuk umum. Pertunjukan akan mencakup Orkestra Korea dan B-boys (berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam pelatihan), band angkatan laut, penjaga kehormatan, grup hiburan angkatan laut (kuartet tradisional Korea, pertunjukan sulap, pertunjukan menyanyi, dan MC), tim pertunjukan taekwondo, dan paduan suara kadet.

Pameran Pertahanan

Keistimewaan kunjungan ini adalah diadakannya pameran pertahanan untuk mempromosikan teknologi pertahanan mutakhir Republik Korea. Pameran akan berlangsung di ROKS Hwacheon saat kapal dibuka untuk umum. Jadi masyarakat Surabaya bisa secara langsung menikmati dan melihat pameran ini. Selain itu akan ada sejumlah booth untuk memperkenalkan keragaman kebudayaan dan acara Korea. Hal yang dipromosikan termasuk 2018 ROKN International Fleet Review, serta Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 yang merupakan acara olahraga terkenal di dunia yang akan berlangsung pada Februari 2018 mendatang.

republic-of-korea-navy-03

Dalam Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 ini Korea Selatan kembali menjadi tuan rumah olimpiade setelah 30 tahun Olimpiade Seoul 1988. Bagi pecinta Hallyu, akan ada booth tentang film, drama, K-Pop, teknologi VR, Laut Timur dan Dokdo, serta atraksi wisata Korea juga.

Tak hanya berbagi tentang Korea saja, para kru kapal juga akan menikmati waktu di Surabaya dengan berkeliling kota Pahlawan ini. Para kru kapal dan kadet akan berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Taman Makam Pahlawan, serta tempat wisata lainnya. Setelah 5 hari di Indonesia, ROKN CTTG akan melanjutkan perjalanan menuju yaitu Pattaya (Thailand) pada 9 November 2017.

 

Baca juga:

Begini Acara Penyambutan Tentara Angkatan Laut Korea di Surabaya

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

NO COMMENTS

Leave a Reply