Gara-Gara Virus Corona, Pencari Kerja di Korea Kebingungan

gara-gara-virus-corona-pencari-kerja-di-korea-kebingungan-salam-korea

SALAMKOREA.COM –  Tahukah kamu kalau akibat virus corona di Korea juga memengaruhi para pencari kerja di negeri Ginseng ini? Ya, sekarang ini merupakan musim perekrutan berlangsung. Para perusahaan-perusahaan besar akan membuka lowongan pekerjaan sekaligus akan ada banyak pameran untuk orang yang ingin melamar pekerjaan. Akibat virus corona, beberapa perusahaan mengundur acara perekrutan kerja sekaligus pameran pun ada yang dibatalkan.

Perusahaan besar di Korea seperti NH Nonghyup Bank, NS Shopping, GS EPS, Asiana Airlines dan Hanjin Transportation menunda rencana perekrutan mereka. Hanjin membatalkan wawancara pekerjaan terakhir hanya dalam waktu lima hari. Seorang staf sumber daya manusia berkata, “Kami membuat keputusan karena takut terjadi infeksi virus. Apabila satu infeksi dikonfirmasi maka dapat memaksa perusahaan untuk menutup sebagian dari bisnis dan memaksa karantina sendiri pada staf kami.”

Dikutip dari Chosun Ilbo, seorang pencari kerja sendiri merasa tidak tenang. Park Jung-woo (25), yang telah mempersiapkan pekerjaan pegawai negeri selama dua tahun terakhir mengungkapkan bahwa ia menjadi lebih waspada agar tidak sakit. Pasalnya, ia akan langsung ditolak wawancara apabila menunjukkan gejala sakit.

Seorang mahasiswa berusia 23 tahun di Seoul National University mengatakan, bahwa ia bahkan khawatir jika ada salah seorang siswa yang bersin saat semua mahasiswa tengah mempersiapkan diri untuk mulai mencari pekerjaan. Meski demikian, beberapa perusahaan justru memajukan jadwal perekrutan mereka. Busan Transportation Corporation sedang mempertimbangkan untuk menyelenggarakan ujian tertulis untuk karyawan baru tahun ini tetapi melarang pelamar yang demam untuk ikut serta.