Inilah yang 4 Hal Unik yang Terjadi Saat Puasa di Korea

0

SALAMKOREA.COM – Merasakan bulan puasa di tanah air tentu akan berbeda sensasinya jika kamu menjalankan puasa di negeri orang. Misalnya saja seperti di puasa di Korea Selatan yang mayoritas penduduknya bukan muslim. Kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat menjalankan ibadah puasa di negeri Ginseng ini. Lalu apa saja fakta uniknya puasa di Korea?

1. Suasana Ramadan di Sekitar Masjid

Seoul Central Mosque

Jika biasanya kuil atau gereja yang ramai dikunjungi di Korea, selama Ramadan, masjid yang akan banyak dikunjungi baik orang muslim maupun non muslim. Ini karena masjid akan lebih ramai dikunjungi. Bahkan beberapa menyediakan tajil untuk yang berpuasa. Mesjid yang paling ramai dikunjungi adalah Central Seoul.

2. Tak Ada Toleransi Berarti

Sudah umum di Indonesia jika restoran akan menutup bagian luar mereka dengan kelambu atau sejenisnya untuk menghargai umat muslim yang tengah berpuasa. Ini juga sebagai bentuk toleransi antar sesama warga Indonesia. Namun di Korea, yang mayoritas bukan muslim, toleransi seperti ini tidak ada. Sehingga restoran dan penjual makanan tetap saja beraktivitas seperti biasa. Bukannya tidak menghormati, tapi karena budaya ini memang sudah umum.

3. Buka Puasa Dengan Menu Makanan dari Berbagai Negara

food

Mahasiswa Indonesia biasanya berkumpul untuk mengadakan acara buka bersama. Acara ini juga biasanya diadakan di KBRI. Namun bagi yang berkunjung ke masjid-mesjid di Korea, biasanya tak hanya menu Korea yang disajikan. Di sana akan disajikan menu dari berbagai negara secara bergantian. Hal ini kerena banyak muslim pendatang di Korea, bukan hanya dari Indonesia saja.

4. Budaya Baru

Berpuasa artinya menahan nafsu, lapar, dan dahaga. Hal ini masih tabu di kalangan masyarakat Korea. Mereka kerap kali heran jika melihat seseorang yang tidak makan dan minum selama beberapa minggu. Ini karena ada banyak masyarakat Korea yang belum paham mengenai keharusan berpuasa bagi umat muslim.

Profile photo of adelimaa
everything will better in the morning, if it still not work then just wait for another morning until it's getting better. ^^

NO COMMENTS

Leave a Reply