Siap-Siap Ketemu Idola Kpop, K-Festival 2019 Lebih Meriah

k-festival-2019

SALAMKOREA.COM –  Setelah sukses digelar setiap tahun, agenda kebudayaan tahunan Korea di Indonesia, yaitu Korea Festival (K-Festival) hadir kembali nih, Jeolchin. Seperti tahun-tahun sebelumnya, K-Festival ini akan diisi dengan banyak aktivitas baik secara offline maupun online. Diadakan mulai tanggal 1 Oktober hingga 10 Oktober, festival kebudayaan Korea ini akan dibagi dalam beberapa kategori yaitu K-Content, K-Performance, K-Exhibition, K-Food, dan K-Event. 

Seperti K-Festival tahun lalu, tahun ini juga tersedia K-Passport 2019 atau Paspor K-Festival. Buku ini enggak hanya berfungsi sebagai panduan informasi acara saja lho, Jeolchin. Dengan buku ini, kamu juga bisa mengumpulkan stiker yang didapatkan dengan mengunjungi tempat-tempat acara diselenggarakannya K-Festival. Kalau kamu berhasil mengumpulkan stiker, kamu akan berkesempatan untuk mendapatkan jadiah utama paket wisata ke Korea selama 6 hari 5 malam.

Nah, bagi kamu yang tinggal di luar area Jabodetabek, tahun ini K-Festival mengadakan aktivitas online. Beberapa acara terpilih dari K-Festival 2019 ini akan disiarkan secara live melalui platform YouTube/Instagram live. Di samping itu, siapa saja bisa ikut hashtag event di media sosial dengan hadiah utama paket wisata ke Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan juga, lho. 

Perlu kamu ketahui, K-Festival ini adalah program tahunan untuk mempromosikan beraneka ragam kebudayaan Korea. Jadi, kamu dalam event ini kamu akan bisa menemukan pertunjukan tradisional, pameran konten, pemutaran film, kompetisi aksara Korea (Hangeul), konser K-Pop, hingga mencicipi masakan Korea yang otentik. 

Enggak main-main, acara ini didukung oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia, Korean Cultural Center Indonesia (KCC), Korea Tourism Organization (KTO), Korea Creative Content Agency (KOCCA), Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT), Korea International Trade Association (KITA), Pemerintah Provinsi Gyeonggi, dan Gyeonggi Tourism Organization merupakan penyelenggara dari K-Festival 2019. Dalam pelaksanaannya didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia dan Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata (MCST) Republik Korea. Bagi kamu yang hobi belanja segala hal tentang Korea, tahun ini, sejumlah perusahaan asal Korea, yaitu iLotte.com, Asiana Airlines, CGV Cinemas, Lotteria, dan sejumlah restoran Korea juga turut mensponsori K-Festival 2019 dengan bervariasi promosi dan diskon besar. 

Informasi detail mengenai setiap kegiatan bisa dibaca di siaran pers acara, website/media sosial institusi terkait, atau melalui website iLotte.com/k-festival. 

Berikut adalah Rangkaian K-FESTIVAL 2019 seperti dilansir dari Korea Cultural Center Jakarta.

  • K-CONTENT K-Content Expo Indonesia 3-6 Oktober 2019, Central Park Mall, Jakarta Dipersembahkan oleh Korea Creative Content Agency (KOCCA) dalam memperkenalkan beragam konten Korea, antara lain siaran, gim, animasi, kecantikan, serta karakter Korea yang berkualitas. 
  • Play with Hangeul 9 Oktober 2019, Korean Cultural Center Indonesia, Jakarta Perayaan Hari Hangeul, hari memperingati penciptaan Hangeul atau aksara Korea. Pengunjung dapat belajar dan menikmati kegiatan tentang huruf dan budaya Korea. 
  • Korea-Indonesia Film Festival 10-13 Oktober 2019, CGV Cinemas (Grand Indonesia Jakarta, Paris van Java Bandung, J-Walk Yogyakarta, Focal Point Medan, dan Marvell City Surabaya) Acara tahunan yang diadakan oleh Korean Cultural Center Indonesia bersama CGV Cinemas berupa pemutaran film Korea dan Indonesia dari beragam genre. Acara pembukaan akan dihadiri oleh salah satu artis Korea. 
  • The 6th Korean Cultural Art Association Festival 19-25 Oktober 2019, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Asosiasi Korea di Indonesia menampilkan pertunjukan musik tradisional dan klasik, pameran seni, serta animasi pasir. Acara akan digelar di Main Atrium Lotte Shopping Avenue. 
  • Opening of Korea Corner 31 Oktober 2019, Kampus Anggrek Universitas Bina Nusantara, Jakarta Acara pembukaan Korea Corner di Universitas Bina Nusantara (Binus), serta ceramah khusus dengan topik kebudayaan Korea dan Hallyu. 
  • Korea Travel with Traveloka 1-31 Oktober 2019 Online event oleh Korea Tourism Organization (KTO) bekerja sama dengan Traveloka. 
  • K-PERFORMANCE FLYING Extreme Performance 16-17 Oktober 2019, Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta FLYING adalah pertunjukan komedi non-verbal yang menceritakan kisah Hwarang (prajurit Korea) dan Dokkaebi (monster Korea) yang datang dari masa lalu ke masa sekarang. 
  • Gyeonggi K-Pop Concert 19-20 Oktober 2019, Istora Senayan GBK, Jakarta Provinsi Gyeonggi, Gyeonggi Tourism Organization, dan JoongAng Daily menghadirkan konser K-Pop spektakuler. “K-Pop Concert Follow Gyeonggi K-Culture FESTA 2019” menghadirkan belasan artis K- Pop yang tampil di panggung yang sama. 
  • The Best K-Pop Cover in Indonesia 19-20 Oktober 2019, Istora Senayan GBK, Jakarta 
  • Para juara dan finalis kompetisi K-Pop cover di Indonesia akan kembali beradu untuk mencari “The Best K-Pop Cover in Indonesia”. 
  • Korean Culture Brand Festival 26 Oktober 2019, Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta Promosi kebudayaan dalam format pertunjukan seni tradisional. Menampilkan musik, tarian, dan taekwondo dalam satu perhelatan megah. 
  • K-POP Bucket List with Hanwha Life 26 Oktober 2019, FX Mall, Jakarta Kompetisi K-Pop dance cover dan fan meeting persembahan Hanwha Life turut meramaikan K- Festival 2019. 
  • 2019 Asia Taekwondo Hanmadang Championship 26-27 Oktober 2019, GOR POPKI Cibubur, Jakarta Salah satu format kegiatan kompetisi yang menjadi bagian dari K-Festival 2019, yaitu taekwondo. Pertandingan ini akan diikuti sekitar 1,500 atlet dari 10 negara. 
  • Asia Traditional Orchestra 11 November 2019, Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Alat-alat musik tradisional dari Korea dan 10 negara ASEAN akan tampil dalam satu kesempatan sebagai salah satu bentuk peringatan “30 Tahun Kerja Sama Korea Selatan-ASEAN”. Melalui pertunjukan ini, penonton dapat menyaksikan keragaman dan kekayaan alat musik yang ada di Asia. 
  • K-EXHIBITION Follow Gyeonggi Culture & Tourism Exhibition 19-20 Oktober 2019, Istora Senayan GBK, Jakarta Ajang promosi pariwisata oleh Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Sebuah wahana yang tepat untuk merasakan pengalaman unik tentang Korea. Pameran ini akan memanjakan para pengunjung dengan beragam informasi dan aktivitas. 
  • DICAPOEM Exhibition 19-25 Oktober 2019, Main Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta Pameran yang akan memajang karya-karya pemenang kompetisi salah satu aliran seni yang sedang tren di Korea, yaitu ‘dicapoem’. Menggabungkan unsur ‘digital camera’ (DiCa) dan lima baris ‘puisi’ (Poem) dalam satu karya. Kompetisinya diadakan oleh Korean Cultural Center Indonesia bekerja sama dengan Korea Dicapoem Institute. 
  • Jakarta International Premium Products Fair 2019 7-9 November 2019, Hall A & B Jakarta Convention Center, Jakarta Sebanyak 30 perusahaan akan menampilkan produk-produk rumah tangga, interior, kecantikan, fashion, dan lainnya dalam 320 stan. 
  • 2019 Study in Korea Fair in Indonesia 9-10 November 2019, Merak Room Jakarta Convention Center, Jakarta Puluhan perwakilan universitas Korea akan berpartisipasi dalam pameran ini guna memperkenalkan dunia pendidikan Korea. 
  • K-FOOD Seoul Food from Home to Jakarta 4-13 Oktober 2019, Seasonal Tastes, The Westin Jakarta Event spesial yang mempromosikan hidangan Korea dengan gaya masakan rumahan yang dibuat oleh koki dari Korea. 
  • Korea Resto Promotional Festa 1 Oktober – 10 November 2019 Beragam promosi dan diskon bersantap di restoran Korea. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di K- Passport. 
  • Lotteria Promotional Festa 1 Oktober – 10 November 2019 Informasi lebih lanjut bisa dilihat di K-Passport. 
  • Korean Food Festival 1-31 Oktober 2019 Informasi lebih lanjut bisa dilihat di K-Passport. 
  • K-EVENT Your Korea Dreams Come True 20 September – 12 Oktober 2019 Kompetisi video pendek “Temukan Mimpi & Inspirasimu, Terbang Bersama Asiana Airlines ke #GyeonggiDo #Korea” berhadiah 5 paket wisata ke Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. 
  • K-Passport & SNS Hashtag 1 Oktober – 12 November 2019 Online event. Dengan mencantumkan hashtag #KFestival2019ID #KPassport2019 #KFest2019IDJohayo di media sosial maka berkesempatan menjadi kandidat peraih hadiah utama 2 paket wisata ke Provinsi Gyeonggi, Korsel. 
  • K-POP Concert Ticket Giveaway 27 September – 20 Oktober 2019 Kuis dan kegiatan (offline dan online) berhadiah puluhan tiket nonton konser K-Pop “Follow Gyeonggi K-Culture FESTA 2019”. 
  • K-Travel 20 Days Challenge Event 7 Oktober – 1 November 2019 Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta mengadakan event online bertajuk “Online Daily Challenge” melalui AkuDanKorea.com. Berhadiah utama tiket(pp) ke Korea menggunakan maskapai Asiana Airlines.