Liburan Musim Semi di Korea: Tinggal di Hanok Saja, Biar Terkesan ala Bangsawan

0

SALAMKOREA.COM – Kalau kamu menonton drama Korea bertema sageuk, sudah pasti kamu akan dibuat iri dengan penampilan para Goongjo Mama atau Seja Choa, yang tampil memesona dengan Hanboknya. Apalagi, mereka tinggal di hanok, yakni rumah tradisional Korea. Jangan kira kalau merasakan pengalaman seperti itu tidak bisa kamu lakukan saat ke Korea. Nyatanya, kamu bisa kok ikut merasakan jadi masyarakat Korea di era Joseon. Caranya? Coba kamu mampir ke Hanok Village Mansangol untuk liburan musim semi di Korea tahun ini.

Dikutip dari KTO JakartaHanok Village Mansangol mengundang para wisatawan untuk berpartisipasi di berbagai wisata pengalaman tradisional yang terdiri atas 10 aktivitas baru termasuk pengalaman mencoba pakaian hanbok dan program kerajinan tangan. Dengan mengangkat tema ‘Segala Hal Tentang Pengalaman Budaya Tradisional Korea’, Hanok Village Namsangol mempersembahkan berbagai aktivitas untuk para wisatawan seperti mencoba pakaian hanbok, membuat panah, pengalaman sebagai moonin (seniman & penulis), pengalaman bermusik dengan danso (suling bambu ala Korea), upacara minum teh, berburu dengan burung elang (falconry), kelas tradisional, membuat kue beras, serta pengalaman bermeditasi.

bukchon-village-1

Hanbok Experience di Bukchon Village by Korea Master Hand Lee So Jeong

Pengunjung yang berpartisipasi dalam pengalaman hanbok dapat berpakaian dan berpose seperti model lukisan cerita rakyat era Joseon. Sementara pengunjung yang tertarik dengan seruling danso dapat belajar membuat dan memainkannya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba permainan kertas slap-match, yang populer di antara anak-anak tahun 1980-an. Pengalaman unik lainnya yang tidak boleh dilewatkan di acara ini adalah berinteraksi secara langsung dengan burung elang Korea dan mencoba teknik berburu secara tradisional dengan burung elang, yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Acara ini digelar sepanjang hari kecuali hari Senin, hari yang sudah ditentukan sebagai hari libur Hanok Village Namsangol. Reservasi dan registrasi satu arah lewat situs resmi telah tersedia. Pengunjung yang telah membuat reservasi untuk kunjungan wisata tradisional individu & pemandu wisata warisan budaya tidak diperkenankan lakukan reservasi secara terpisah. Untuk detil dan program pengalaman yang tersedia, silakan kunjungi situs resmi di Hanok Village Namsangol. Untuk perkiraan harga dalam rupiah, bisa dikalikan dengan Rp12.000 (berubah-ubah sesuai kurs yang berlaku).

Informasi Lebih Lanjut:

Hanok Village Namsangol Gelar Acara Rasakan Pengalaman Hidup ala Tradisional

☞ Periode Acara: 6 Maret – 30 Juni 2018. Hari Senin tutup. Untuk program kerajinan tangan dan pemandu wisata warisan budaya & tradisional tersedia hingga 16 Desember dan secara khusus pada 31 Desember.

☞ Lokasi: 28, Toegye-ro 34-gil, Jung-gu, Seoul

☞ Petunjuk Arah: Stasiun Chungmuro (Seoul Subway jalur 3, 4), Exit 3 atau 4. Jalan sekitar 5 menit untuk sampai ke Hanok Village Namsangol.

☞ Program

  • Falconry: 10:30-17:00 (durasi sekitar 1 jam)/7.000 won.
  • Mencoba pakaian hanbok: 10:30-17:00 (durasi sekitar 1 jam)/15.000 – 20.000 won.
  • Pengalaman menjadi Moonin (penulis dan seniman Korea): 10:30-17:00 (durasi sekitar  1 jam)/10.000 won.
  • Upacara minum teh: 10:30-17:00 (durasi sekitar 1 jam)/15.000 won.
  • Memainkan danso (seruling Korea): 10:30-17:00 (durasi sekitar 1 jam)/10.000 won.
  • Meditasi: 10:30-17:00 (durasi sekitar 1 jam)/10.000 won.
  • Pemandu wisata warisan budaya & tradisional: 10:30, 12:00, 14:00, 15:30 (durasi sekitar 50 menit)/Gratis/Tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang, dan China. Harap cek jadwal dalam situs yang tersedia dalam berbagai bahasa pilihan sebelum berkunjung.
  • Seluruh program pengalaman tidak tersedia selama jam makan siang mulai pukul 12:00-13:00 KST.
  • Semua biaya partisipasi sudah termasuk biaya bahan-bahan dan penyewaan.
  • Pengunjung yang miliki ID Naver dapat lakukan reservasi secara online; pengunjung yang miliki tiket dapat langsung lakukan registrasi di tempat.

☞ Situs Hanok Village Namsangol: www.hanokmaeul.or.kr (hanya bahasa Korea; deskripsi pada laman ‘program’ tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Cina).

☞ Situs Visit Seoul: korean.visitseoul.net (bahasa Korea, Inggris, Jepang, China, Thailand, Rusia).

☞ 1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (bahasa Korea, Inggris, Jepang, China, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu).

Dikutip dari KTO Jakarta.

NO COMMENTS

Leave a Reply