3 Tips Jalan-Jalan ke Naksansa Temple, Pesona Korea Selatan yang Sulit Diabaikan

0

SALAMKOREA.COM – Kalau memikirkan tempat indah di Korea, kamu mesti akan teringat keindahan pulau Jeju yang selalu muncul di drama. Namun, kini jangan melulu memikirkan Jeju. Di dekat Seoul, ada kok tempat wisata yang enggak kalah cantik dan pastinya cocok di kantong. Gangwon-do, tepatnya di Yangyang menyimpan sejuta pesona wisata yang enggak boleh kamu abaikan. Meski terletak jauh dari pusat kota Seoul, jangan kira tidak layak dikunjungi.

Tempat ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Mulai dari pantai yang jauh dari keramaian, kuil dengan hamparan pemandangan laut, hingga tempat bersantai seperti noraebang dan jimjilbang. Kamu juga bisa menemukan tempat menginap yang bersih dan harga terjangkau. Kalau mau yang sedikit lebih mahal, kamu bisa memilih Naksan Beach Hotel yang terletak persis di sebelah pantai Naksan. Nah, penjelajahan pertama ke Yangyang, Gangwon-do, kamu bisa mengunjungi Naksansa Temple atau kuil Naksansa.

naksansa-temple-13

Naksansa Temple

Bukan rahasia lagi kalau orang Korea itu suka banget jalan. Jadi, kalau kamu ke Korea siap-siap sepatu kets dan juga salep pereda nyeri kalau-kalau kaki tiba-tiba terasa super pegel. Apalagi kalau tujuan kamu adalah Naksansa Temple, kuil yang letaknya di dataran tinggi alias nanjak terus. Kuil ini boleh dikunjungi secara umum dengan membayar biaya masuk. Kalau ke sini pas musim semi, kamu akan disambut dengan angin sejuk kalau udara sejak sejuk atau justru angin hangat kalau udara sedang panas. Maklum, suhu di Korea ini naik turun dan suka berubah-ubah. Kuil ini buka mulai pukul 06:00 – 20.30 KST, pembelian tiket terakhir satu jam sebelum tutup.

naksansa-temple-2

Jalan dari loket kuil Naksansa.

Di dalam kuil, tentu kamu akan menemukan bangunan untuk beribadah serta museum. Kebetulan, kuil ini pernah mengalami jatuh bangun juga alias bongkar pasang karena berbagai hal. Mulai dari perang hingga kebakaran. Nah, lonceng kuil ini yang meleleh akibat terbakar pun tersimpan rapi di dalam kotak kaca di dalam museum. Dari pintu depan, kamu akan menyusuri dinding setinggi pinggang orang dewasa kemudian berbelok ke kanan. Museum adalah bangunan pertama di sebelah kiri dan bangunan di seberangnya merupakan toko suvenir.

naksansa-temple-9

Toko suvenir.

 

naksansa-temple-3

Kiri: Museum, Kanan: Toko Suvenir

Lalu melangkah lebih jauh ke dalam kuil, kamu akan menemukan sumber mata air yang sudah ditampung. Nah, ini boleh diminum dan sudah disediakan gayung kecil untuk meminumnya. Setelah sumber mata air itu, kamu akan menemukan jalan ke kiri yang menanjak. Ikuti saja sampai menemukan kolam besar. Di tengahnya ada patung Budha, konon kalau kamu melempar koin lalu berhasil masuk maka permintaan kamu akan tercapai.

naksansa-temple-10

Lempar koin ke tempat patung Budha, kepercayaannya bisa mengabulkan permintaan. Tentu saja, ini sesuai dengan keyakinan masing-masing, ya.

Kemudian, kamu akan menemukan bangunan Botarak dan Botajeon yang masing-masing masih digunakan untuk beribadah. Botarak adalah bangunan mirip rumah panggung yang letaknya setelah kolam Budha. Sedangkan Botajeon, terletak setelah Botarak dan didalamnya ada patung emas Budha yang ukurannya cukup besar.

naksansa-temple-11

Botarak

 

naksansa-temple-12

Botajeon

Kemudian, kamu bisa meneruskan perjalanan untuk naik ke atas. Puncaknya, kamu bisa menemukan patung Haesu Gwaneumsang atau Dewi Kwan Im setinggi 15 meter. Patung ini dibangun selama kurang lebih 6 tahun 6 bulan, lho. Dari sini, kamu pun bisa menyaksikan pemandangan laut lepas dari tempat yang cukup tinggi. Selama perjalanan menanjak ini, kalau kamu lelah kamu akan bisa menemukan toko camilan yang menjual makanan serta es krim, lho.

Tips!

  1. Kalau kamu berniat ke Naksansa Temple, gunakan pakaian yang nyaman sesuai musim dan sepatu kets. Jangan lupa unduh aplikasi ramalan cuaca agar kamu enggak saltum alias salah kostum. Cuaca di Korea sering berubah drastis dan kamu enggak mau merasa kepanasan atau kedinginan, kan? Paling seru kalau ke tempat ini bareng teman atau keluarga. Banyak spot foto yang bagus dan walau melelahkan tapi semua akan terbayar dengan pemandangan yang super indah.
  2. Jangan lupa unduh aplikasi Map seperti Google Map dan Naver Map serta aplikasi transportasi Subway untuk tahu angkutan umum apa saja dan berapa biaya yang kamu butuhkan.
  3. Bagi yang terbiasa menggunakan bidet shower saat di toilet sebaiknya membawa tisu basah atau bahkan botol air untuk mencuci. Ini karena kebanyakan toilet di daerah ini tidak memiliki bidet shower. Jadi, kalau enggak terbiasa akan merasa enggak bersih saat setelah buang air kecil atau besar.
  4. Bawa uang koin, kalau kamu mencoba peruntungan melempar koin ke kolam Budha.
  5. Siapkan fisik, medannya enggak sulit hanya melelahkan untuk yang enggak terbiasa. Namun, percayalah pemandangannya indah. Lagipula, kamu akan lupa dengan rasa lelah karena banyak spot foto yang sulit diabaikan.
naksansa-temple-1

Ki-Ka: Jalan dekat loket, bangunan rupa di depan botajeon, dan patung Dewi Kwan In setinggi 15 meter.

Keterangan:

  • Untuk tiket masuk ini bervariasi mulai dari 700 won untuk anak-anak dalam grup hingga 3.000 won untuk individu. Pembelian tiket terakhir 1 jam sebelum tutup.
  • Petunjuk arah: Dari Seoul naik bus dari terminal Dong Seoul atau Gangnam Express Bus Terminal menuju Yangyang Bus Terminal dan menempuh sekitar 4 jam perjalanan. Kemudian, dari terminal Yangyang, naik bis nomor 9 atau 9-1 menuju Naksan sekitar 10 hingga 15 menit.

 

NO COMMENTS

Leave a Reply