Museum Nasional Korea, Tempat Penuh Harta Karun

2

Museum Nasional KoreaMuseum Nasional Korea adalah museum andalan yang menampilkan berbagai macam hal menakjubkan yang terkait dengan seni dan sejarah Korea. Tempat ini didirikan pada tahun 1945. Sejak pendiriannya, Museum Nasional Korea telah menjadi tempat aktivitas belajar dan penelitian di bidang arkeologi, sejarah, dan seni. Namun, sejak didirikan pada tahun 1945, tempat ini telah mengalami beberapa kali relokasi. Pada tahun 2005, Museum Nasional Korea resmi dipindahkan ke Yongsan. Pada tahun 2012, tercatat sejak 7 tahun relokasinya, Museum Nasional Korea telah dikunjungi 20 juta orang pengunjung.

Untuk melindungi artefak-artefak yang ada di dalamnya, gedung utama museum ini dibangun dengan ketahanan gempa bumi hingga 6 skala richter. Gedungnya juga menggunakan sistem pencahayaan natural yang memanfaatkan sinar matahari. Selain itu, gedung ini juga terbuat dari material tahan api.

Museum ini terdiri dari tiga lantai. Secara simbolis, sisi kiri dari gedungnya melambangkan masa lalu dan sisi kanan dari gedungnya melambangkan masa depan. Di lantai dasar terdapat taman, kebun dengan tumbuhan asli, air terjun, dan kolam. Lantai satu terdiri dari “Galeri Prasejarah dan Sejarah Kuno” serta “Galeri Sejarah Abad Pertengahan dan Modern Awal”. Lantai ini memiliki sekitar 4.900 artefak dari zaman prasejarah hingga abad modern awal (hingga jaman Joseon). Lantai dua terdiri dari “Galeri Kaligrafi dan Lukisan” serta “Galeri Donasi”. “Galeri Kaligrafi dan Lukisan” memiliki sekitar 890 buah karya seni tradisional dan religius berbentuk kaligrafi dan lukisan. Sementara “Galeri Donasi” memiliki sekitar 800 buah artefak dari sumbangan para kolektor. Lantai tiga terdiri dari “Galeri Patung dan Kerajinan” serta “Galeri Kesenian Asia”. “Galeri Patung dan Kerajinan” memiliki 630 buah patung dan kerajinan yang melambangkan agama Buddha. Di “Galeri Kesenian Asia” terdapat sekitar 970 koleksi dari seluruh Asia, termasuk Indonesia, China, Jepang, dan lain-lain.

Di Museum Nasional Korea ini juga terdapat harta karun nasional Korea (National Treasures of Korea). Beberapa dari harta karun tersebut adalah:

1. Gold Crown, National Treasure of Korea No. 191

national treasure gold crown

2. Pensive Bodhisattva, National Treasure of Korea No. 83

national treasure bodhisattva

3. Incense Burner, Celadon with Openwork, National Treasure of Korea No. 95

national treasure incense burner

4. Ten-Story Pagoda from Gyeongcheonsa Temple, National Treasure of Korea No. 86

national treasure 10 story pagoda

5. Album of Genre Painting by Danwon, Treasure of Korea No. 527

national treasure danwon mundong

Melihat banyak hal bersejarah dan menarik yang ada di sini, jangan lupa berkunjung ke Museum Nasional Korea apabila berkesempatan melancong ke Korea Selatan!

SOURCE Korea Tourism Organization
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

2 COMMENTS

Leave a Reply