Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 Bermakna Lebih dari Sekedar Kompetisi

0

pyeongchang

SALAMKOREA.COM – Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 tinggal menghitung bulan. Berbagai usaha untuk mempromosikan pesta olahraga ini pun sudah dilakukan sebaik mungkin oleh Korea Selatan. Pada 4 Januari tahun 2016 lalu misalnya, pusat promosi Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 dibuka secara resmi di Gangneung, Provinsi Gangwon. Pusat promosi tersebut terdiri dari 5 ruangan seperti pusat pameran, 4D experience center dan lainnya. Pusat promosi ini dibangun dengan mendaur ulang kontainer sesuai dengan Olimpiade Musim Dingin kali yang berorientasi pada ramah lingkungan.

Memasuki bulan April ini, pembangunan berbagai fasilitas untuk olimpiade pun sudah hampir memasuki tahap final. Menjelang satu tahun pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, Provinsi Gangwon dan Komite Olimpiade Musim Dingin PyeongChang (POCOG) pun mengadakan berbagai acara istimewa. Misalnya saja Festival G-1 yang diadakan untuk merayakan satu tahun menjelang acara ini. Lalu ada ajang uji coba untuk memeriksa kelayakan berbagai fasilitas olimpiade yang akan digunakan. Ajang uji coba di musim 2017, telah diadakan pada 16 Januari – 20 April dan mengujikan beberapa cabang seperti Kejuaraan Skate Cepat Internasional Skating Union dan Kejuaraan Ski Dunia dan cabang lainnya. Uji coba ini pun berhasil menarik sekitar 80 ribu penonton.

Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 ini memiliki makna yang spesial untuk Korea Selatan karena digelar 30 tahun setelah gelaran Seoul Summer Games tahun 1988. Sehingga acara ini menjadi ajang untuk menunjukkan kepada dunia sejauh mana Korea telah berkembang dan maju. Olimpiade Musim Dingin PyeongChang adalah olimpiade musim dingin ketiga yang digelar di Asia dan Korea manjadi tuan rumah kedua setelah Jepang. Korea Selatan bertujuan untuk mengembangkan olahraga musim dingin dan industri relevan di Asia dan mengubah PyeongChang dan provinsi Gangwon menjadi pusat olah raga musim dingin Asia dan tujuan wisata sepanjang tahun.

Menurut Korea Tourism Organization Jakarta seperti yang disampaikan oleh Direktur Oh Hyonjae, Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 bertujuan untuk mencapai dua tujuan. Pertama untuk menjadi tuan rumah bagi pertandingan yang berorientasi kepada atlet dan kompetisi, Kedua untuk memiliki Olimpiade untuk Budaya, Olimpiade untuk Lingkungan, Olimpiade untuk Perdamaian, dan Olimpiade untuk Ekonomi. Artinya, olimpiade untuk penyebaran budaya, pariwisata dan investasi Korea. Juga pertandingan yang rendah karbon dan pemulihan lingkungan, untuk mempromosikan perdamaian di semenanjung Korea lewat olahraga, serta untuk keseimbangan finansial dan efek maksimum dari investasi minimum.

 

ksmile kto

NO COMMENTS

Leave a Reply