Abalon, Makanan Korea Dari Era Joseon yang Kaya Gizi

0

abalon

SALAMKOREA.COM – Abalon kini jadi salah satu hidangan laut yang populer di Korea. Meski kini sudah banyak cara untuk mengolahnya namun ada waktu saat makanan ini sulit diolah karena tidak menemukan bumbu yang tepat.

Dahulu kala, orang seringkali membuat bubur nasi dengan abalon jadi banyak orang bisa mencicipi makanan ini. Di musim panas era Joseon, raja Korea disajikan menu sup rumput laut atau ayam dengan abalon untuk menangkal udara panas.

Abalon adalah makanan yang sehat karena kaya protein dan rendah lemak. Dapat mendetoks hati dan memperlancar sirkulasi darah dengan mencegah darah mengental.

Kini abalon lebih mudah didapatkan dan bisa ditemukan di berbagai menu makanan. Negeri Ginseng ini memproduksi sekitar 9,250 ton abalon setiap tahun, 99 persen dibudidayakan. Sekitar 80 persen abalon berasal dari Wando, sebelah selatan propinsi Jeolla yang airnya tenang, bersih, dan pulaunya dikelilingi oleh rumput laut, makanan dari abalon itu sendiri.

Peneliti menemuan bahwa abalon merupakan sumber yodium dan kaya akan gizi. Konsumsi yang cukup dapat mempertahankan tiroid dan menjaga metabolisme. Kekurangan yodium pada anak dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan masalah perkembangan otak. Sedangkan pada meningkatkan risiko keguguran dan cacat lahir. Untuk itu konsumsi abalon berukuran standar cukup untuk memenuhi asupan yodium harian yang dibutuhkan.

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

NO COMMENTS

Leave a Reply