‘Suneung’ Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Korea Dilaksanakan Hari Ini

0

Tahun ini ujian masuk perguruan tinggi Korea yang biasa dikenal dengan istilah ‘Suneung’ (수능) jatuh pada tanggal 13 November. Hari dimana seluruh siswa SMA tingkat akhir di Korea bersaing untuk masuk ke perguruan tinggi terbaik. Jika di Indonesia siswa SMA disibukkan dengan bimbingan belajar untuk menempuh ujian kelulusan dan bebas memilih universitas mana yang ingin dimasuki, maka lain hal dengan siswa di Korea. Siswa SMA dibebaskan dari ujian kelulusan namun harus mengikuti ‘Suneung’ untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri, dimana merupakan nilai mutlak. Oleh karena itu ‘Suneung’ pun dianggap sebagai gerbang penentu masa depan di Korea.

601848-000_hkg9168629

Begitu diperhatikannya pendidikan di Korea, ‘Suneung’ pun dianggap sakral tak hanya bagi siswa SMA saja namun seluruh masyarakat di Korea. Hari dimana ‘Suneung’ berlangsung seluruh masyarakat Korea saling bahu-membahu untuk kelancaran ‘Suneung’. Berbagai aktifitas seperti bursa efek dan jam masuk kantor ditunda sejenak untuk menghindari kemacetan. Berbagai sarana transportasi publik pun disiapkan untuk mengantar siswa yang akan mengikuti ‘Suneung’. Polisi akan disiagakan untuk membantu siswa yang kesulitan menuju tempat ujian.

ebb680ebaaa8

Orangtua biasanya menunggu di depan gerbang tempat ujian sambil berdoa

6329055846_f33976b6f0

Dukungan dari adik kelas untuk senior mereka

ie000832314_stdPolisi disiagakan untuk melancarkan jalannya ‘Suneung’

Para siswa tingkat akhir SMA di Korea biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah dan di perpustakaan untuk belajar. Sementara itu para orangtua dan anggota keluarga lainnya akan memberi dukungan kepada siswa agar dapat melewati ujian dengan lancar.

Banyak hal unik yang menyertai jalannya ‘Suneung’ di Korea, mulai dari hal yang boleh dilakukan dan tidak. Para anggota keluarga biasanya akan memberikan hadiah kepada peserta sebelum mengikuti ujian. Hadiah yang diberikan pun biasanya memiliki makna.

suneung

1.Cokelat

Memberikan cokelat kepada peserta ujian adalah salah satu yang paling umum di Korea. Karena cokelat dianggap bisa membantu sirkulasi kerja otak sehingga bisa menjawab soal-soal ujian.

2. Tisu toilet

Memberikan tisu toilet dengan harapan agar bisa menyelesaikan soal ujian dengan benar. Karena pengucapan tisu toilet dalam bahasa Korea juga berarti “Memecahkan”

3. Permen Keberuntungan dan Seoul Milk

Di toko-toko snacks akan banyak yang menjual permen keberuntungan saat mendekati ‘Suneung’ dan ada sebuah merk minuman yang sama dengan nama Universitas terbaik di Korea, Konon katanya jika mengkonsumsi “Seoul Milk” bisa masuk Universitas Seoul.

4. Sup Rumput Laut

Jika sup rumput laut adalah hidangan wajib saat perayaan ulang tahun di Korea, namun tidak saat ‘Suneung’. Sup rumput laut adalah makanan yang paling dihindari saat peserta ujian akan mengikuti ‘Suneung’. Sup rumput laut dengan teksturnya yang licin dimaknai bisa membuat peserta gagal ujian karena ‘tergelincir’.

Terlepas dari segala macam serba-serbi keunikan ‘Suneung’ di Korea, tentu ada beberapa hal positif yang bisa kita ambil. Bagaimana pemerintah Korea begitu memperhatikan sektor pendidikan serta kerja keras para siswa dalam menempuh pendidikan disana. Wah, salut ya Jeolchin!

Semoga ‘Suneung’ tahun ini berjalan lancar dan sukses ya!

 

NO COMMENTS

Leave a Reply