Seoul Metropolitan Library, Tempat Kaya Pengetahuan

3

Seoul Metropolitan LibrarySeoul Metropolitan Library adalah salah satu perpustakaan terbesar di Korea Selatan. Perpustakaan ini terletak di Jung-gu, di pusat Kota Seoul. Bangunan dari Seoul Metropolitan Library ini dulunya adalah bangunan dari balai kota Seoul (Seoul city hall). Bangunan ini dibangun pada tahun 1926. Dulunya, tempat ini merupakan kantor bagi walikota Seoul. Pada tahun 2003, bangunan ini dinobatkan sebagai Warisan Budaya Korea No. 52.

Pada saat bangunan balai kota ini direnovasi, interior asli yang penting diambil dan diawetkan. Kini, interior-interior dari bangunan balai kota tersebut dipamerkan di ruang pameran di lantai 5.

SML ruang pameran

Selain interior-interior dari bangunan balai kota lama, ruang-ruang rapat dan ruangan walikota pun diabadikan. Restorasi dari ruangan-ruangan ini dapat dilihat di lantai 3. Ruangan-ruangan ini kini menjadi daya tarik wisata bagi para pengunjung.

SML ruang rapat

Kini, bangunan ini telah disulap menjadi perpustakaan yang terbuka bagi umum. Siapa pun boleh masuk dan mengunjungi perpustakaan ini. Lantai satu dan dua berisi perpustakaan umum yang kaya akan buku dari berbagai genre. Di lantai ini juga terdapat book cafe.  Koleksi buku umum terdiri dari lebih dari 70.000 buku dari segala genre. Selain buku berbahasa Korea, perpustakaan ini juga memfasilitasi wisatawan mancanegara dengan buku-buku berbahasa asing. Selain itu, perpustakaan ini juga menyediakan buku dengan huruf braille dan buku dalam bentuk digital. Sementara itu, di lantai tiga dan empat berisi buku-buku akademik dan arsip-arsip. Kita bisa menemukan arsip-arsip dari pelayanan publik dan data-data berkaitan dengan hal-hal yang terjadi di Kota Seoul. Database Online dari PBB dan koran-koran juga tersedia di lantai ini. Di seberang restorasi ruang walikota Seoul, terdapat Seoul Archival Service. Lebih dari 680 data dan artikel tentang Kota Seoul dipamerkan di sini. Lebih dari 50.000 dapat diakses secara digital.

SML-1

Tampak familiar dengan foto di atas? Yap! Seoul Metropolitan Library ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting! Perpustakaan ini menjadi lokasi syuting untuk acara Running Man. Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai lokasi syuting video klip “Gentleman” milik Psy.

 

SOURCE Visit Korea
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer