Perpustakaan dan Hanok Menyatu di Inwangsan

0

Cheongun_Literature_Library_Article_01

Sebuah perpustakaan bergaya Hanok (rumah tradisional Korea) baru-baru ini dibangun di kaki Gunung Inwangsan. Persiapan untuk pembukaan perpustakaan itu dirampungkan hari ini (18/11) untuk acara pembukaan tanggal 19 November besok.

Perpustakaan yang dinamai Perpustakaan Sastra Chungwoon itu terletak di Chungwoon-dong, sebelah barat laut Istana Gyeongbukgung, berdekatan dengan Rumah Sastra Yun Dong-ju dan Bukit Yun Dong-ju. Sesuai namanya, perpustakaan ini didedikasikan hanya untuk buku-buku sastra, dengan koleksi lebih dari 2000 edisi puisi, novel, dan esai. Koleksi itu diperkirakan akan bertambah hingga 20.000 buku.

Perpustakaan Sastra Chungwoon adalah bangunan Hanok modern satu lantai dengan lantai basement. Luasnya 734 meter persegi dan berdiri di atas tanah seluas 1.235 meter persegi.

Cheongun_Literature_Library_Article_04

Sebagian besar genteng yang digunakan untuk bangunan itu dibawa dari zona pengembangan kembali Donuimun. Sedangkan sisanya memakai genteng buatan tangan tradisional.

Lantai pertama dari perpustakaan akan berfungsi sebagai ruang rapat, sedangkan pameran yang berhubungan dengan sastra akan menempati lantai basement.

Pengunjung perpustakaan itu dapat menikmati membaca di paviliun yang indah yang memiliki panorama Gunung Inwangsan dan Bukaksan.

Cheongun_Literature_Library_Article_02

“Di Perpustakaan Sastra Chungwoon anda dapat menikmati keindahan pemandangan dan atmosfer yang tenang,” kata Kepala Distrik Jongno-gu, Kim Young-jong. “Saya berharap banyak orang yang akan mengunjunginya dan berkesempatan untuk belajar banyak tentang sastra.”

Sumber: Korea.net

SOURCE korea.net
Profile photo of Kanya Prasetyo
Kdramas addict. My Oppas' fan.

NO COMMENTS

Leave a Reply