Korea Selatan Kalahkan Oman 1-0 di Piala Asia

0

Piala Asia Korea SelatanKorea Selatan berhasil menuai hasil yang baik di pertandingan pembuka Piala Asia 2015 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Januari 2014 di Canberra, Australia. Pertandingan ini merupakan pertandingan pertama Grup A, grup di mana Korea Selatan ditempatkan. Grup A terdiri dari Australia, Korea Selatan, Kuwait, dan Oman. Dalam Piala Asia 2015 ini, Korea Selatan menargetkan meraih gelar juara Piala Asia setelah terakhir menjuarainya pada tahun 1960.

Cho Young Cheol menjadi pemain Korea Selatan yang membobol gawang Oman. Cho Young Cheol berhasil mencetak gol pertamanya untuk Korea Selatan di laga internasional. Ia berhasil melesakkan bola ke gawang Oman di babak pertama pertandingan. Ki Sung Yong yang bermain untuk klub Swansea City di Liga Primer Inggris pun berhasil membawa timnya meraih kemenangan pertama mereka.

Namun, sangat disayangkan, dalam pertandingan ini, dua pemain kunci Korea Selatan harus keluar lapangan karena cedera. Korea Selatan kehilangan pemain bertahan Kim Chang Soo pada menit ke 18 dan penyerang Lee Chung Yong pada menit ke 69.

Di babak kedua, Oman memiliki kesempatan untuk menyamai kedudukan. Namun, penjaga gawang Kim Jin Hyeon berhasil menepis tendangan pemain Oman, Imad Al-Hosni. Dua pemain bintang Korea Selatan, Son Heung Min dan Koo Ja Cheol berhasil menyulitkan Oman. Kedua pemain bintang ini bermain di Bundesliga Jerman. Son Heung Min bermain di klub Bayer Leverkusen, sementara Koo Ja Cheol bermain di klub Mainz 05. Koo Ja Cheol ikut andil pula dalam terjadinya gol pertama Cho Young Cheol. Koo Ja Cheol melepaskan tendangan rendah yang kemudian ditepis oleh kiper Oman, Al-Habsi. Kemudian, bola muntahan itulah yang dimanfaatkan oleh Cho Yeong Cheol hingga ia mencetak gol ke gawang Oman.

Korea Selatan bisa menambah pundi-pundi golnya pada babak kedua melalui sundulan Koo Ja Cheol. Sayangnya, bola sundulan Koo Ja Cheol dapat ditangkap oleh kiper Al-Habsi.

Di gelaran Piala Asia 2015 ini, skuad Korea Selatan dipimpin oleh pelatih Uli Stielike (Jerman). Stielike diberi tugas untuk mengantar Korea Selatan menjadi juara Piala Asia setelah 55 tahun puasa gelar. Ia mengambil alih kemudi dari pelatih Hong Myung Bo yang mengundurkan diri setelah penampilan Korea Selatan yang mengecewakan di Piala Dunia lalu. Pelatih Uli Stielike telah berpengalaman melatih tim nasional Swiss, Pantai Gading, dan tim muda Jerman. Ia juga pernah melatih beberapa klub di liga Swiss, Jerman, Spanyol, dan Qatar.

Di Piala Asia sebelumnya yang digelar pada tahun 2011 lalu, Korea Selatan berhasil meraih peringkat ketiga. Taeguk Warriors menargetkan gelar juara pada gelaran tahun ini. Di pertandingan selanjutnya, Korea Selatan akan menghadapi Kuwait pada 13 Januari 2015 di Stadium Canberra.

SOURCE ABC News
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

NO COMMENTS

Leave a Reply