Park Taehwan Raih Medali Perunggu dalam Gaya Bebas 200m

1

Park-Taehwan

Park Taehwan, atlet renang asal Korea Selatan, meraih medali perunggu dalam cabang olahraga renang kelompok gaya bebas 200m di 2014 Incheon Asian Games. Park Taehwan mencatat waktu 1:45.85 untuk menyelesaikan lomba ini. Pertandingan ini diadakan di arena yang namanya terinspirasi dari nama sang atlet, yaitu Munhak Park Tae-hwan Aquatics Center. Medali perunggu yang diraih Park Taehwan merupakan medali pertama yang diraih Korea Selatan dalam cabang olahraga renang.

Dalam laga ini, atlet renang asal Jepang, Kosuke Hagino meraih medali emas dengan catatan waktu 1:45.23. Sementara itu, medali perak diraih oleh atlet asal China, Sun Yang, dengan catatan waktu 1:45.28.

Hasil ini cukup mengecewakan bagi Park Taehwan. Sebelumnya, ia menargetkan untuk mendapatkan medali emas. Park Taehwan menjadi atlet tercepat yang berangkat dari starting blocks dengan reaction time 0.64 detik. Hingga 50m pertama, ia masih menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 24.57 detik. Sementara itu, Hagino mencatat waktu 24.71 detik.

Pada jarak 100m, Sun Yang menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 51.26 detik, sementara Park Taehwan tepat di belakangnya dengan 51.41  detik. Sun Yang menyentuh titik 150m dengan catatan waktu 1:18.30, lebih cepat 0.04 detik dari Park Taehwan. Namun, tanpa diduga, Kosuke Hagino yang berusia 20 tahun meningkatkan kecepatannya dan menyelesaikan laga di tempat pertama, menyusul Sun Yang dan Park Taehwan.

Dalam wawancara segera setelah laga berakhir, Park Taehwan tidak menyembunyikan kekecewaannya. Ia mengakui ia sedikit gugup. Tentu pernyataan ini sangat mengejutkan, mengingat ia adalah perenang yang telah berlaga di olimpiade.

“Sudah banyak pembicaraan tentang memenangkan tiga medali emasi Asian Games berturut-turut di sini. Sejujurnya, aku merasa sedikit terbebani. Aku sudah berusaha, tapi akhirnya aku berjalan dengan kecewa. Aku masih memiliki beberapa pertandingan tersisa dan aku akan mencoba untuk memberikan penampilan yang terbaik,” kata Park Taehwan.

Sebelumnya, Park Taehwan meraih medali emas di 2006 Doha Asian Games dan 2010 Guangzhou Asian Games di nomor gaya bebas 200m. Oleh karena itu, banyak yang menargetkannya meraih medali emas pula dalam laga ini.

Park Taehwan akan kembali berlomba di nomor gaya bebas 400m pada hari Selasa. Park Taehwan berkata sangat menanti-nantikan pertandingan selanjutnya, di mana ia akan kembali berkompetisi dengan Sun Yang.

 

SOURCE Yonhap News
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

1 COMMENT

Leave a Reply