Kim Cheongyong Menangkan Dua Medali Emas di Cabang Olahraga Menembak

1

Kim-Cheongyong

 

Kim Cheongyong, atlet menembak muda asal Korea Selatan, memenangkan dua medali emas pada hari Minggu, 21 September 2014. Pada hari yang sama, ia meraih medali emas masing-masing untuk nomor pistol udara 10m individu dan tim.

Kim Cheongyong yang berusia 17 tahun berhasil naik podium setelah memperoleh 201.2 poin. Laga yang menegangkan ini diadakan di Ongnyeon International Shooting Range. Kim Cheongyong merupakan atlet pertama yang berhasil mendapatkan dua medali emas bagi Korea Selatan dalam 2014 Incheon Asian Games ini. Dalam pertandingan cabang olahraga menembak nomor pistol udara 10m ini, medali perak diraih oleh atlet asal China, Pang Wei, dengan 199.3 poin. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh rekan setim dan juga senior Kim Cheongyong, Jin Jongoh, dengan 179.3 poin.

Kim Cheongyong merupakan atlet paling muda yang menyumbangkan medali emas dalam event Asian Games bagi Korea Selatan. Ia memulai karir menembaknya sejak duduk di bangku kelas 2 SMP. Saat ini, ia bersekolah di SMA Heung-Dok. Ia mengidolakan rekan setim dan juga seniornya, Jin Jongoh, yang berusia 18 tahun lebih tua dari dirinya. Kim Cheongyong mulai mendapat perhatian khusus sejak ia mendapatkan medali perak dalam Youth Olympics di Nanjing, bulan Agustus lalu.

“Di laga final ada idolaku, Jin Jongoh, dan atlet dari China. Aku tahu pertandingan ini tidak akan mudah, tapi aku merasa percaya diri. Memenangkan medali di Asian Games adalah impianku. Aku merasa beruntung dan berterima kasih atas dukungan warga Korea Selatan. Masih banyak yang harus aku pelajari dari para senior. Aku hanya mencoba mengikuti nasihat mereka dan melihat bagaimana mereka berlatih,” kata Kim Cheongyong.

Sementara itu, pemegang rekor menembak Korea Selatan, Jin Jongoh, mengaku merasa sedih karena tidak mendapat medali emas. Tetapi di sisi lain, ia merasa senang dengan kemenangan Kim Cheongyong, juniornya yang memiliki kemampuan yang menjanjikan.

Sebelumnya, trio penembak asal Korea Selatan, Jin Jongoh, Kim Cheongyong, dan Lee Daemyung memenangkan medali emas di kategori kelompok nomor pistol udara 10m.

SOURCE Yonhap News
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

1 COMMENT

Leave a Reply