Akhirnya Korea Selatan Resmikan FTA Dengan Kanada

0

Korea Selatan dan Kanada akhirnya resmi tandatangani perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA). Setelah 9 tahu  negosiasi yang cukup alot, akhirnya Maret lalu dicapailah kesepakatan tersebut. Minggu (20/9) Presiden Park Geun Hyen melakukan kunjungan kenegaraan selama 3 hari ke Kanada untuk meresmikan FTA.

FTA mengatur selama 10 tahun mendatang kedua negara dapat melakukan aktivitas perdagangan. Menteri perdagangan dari kedua negara akan menandatangani perjanjian setelah Presiden Park Geun Hye dan Perdana Menteri Stephen Harper menyelesaikan konferensi kemarin (22/9).

Sebelumnya Korea Selatan menandatangani FTA dengan Amerika Serikat tahun 2007. Perjanjian ini memengaruhi sistem perdagangan di tahun 2010.

Dalam pertemuan dengan warga Korea yang tinggal di Ottawa, Park Geun Hye mengatakan bahwa perjanjian ini akan menciptakan momentum untuk hubungan bilateral yang lebih baik antara kedua belah pihak.

image

Presiden Park Geun Hye bertemu dengan warga Korea Selatan di Kanada.

Dari perjanjian ini diharapkan Korea dapat meningkatkan jumlah perdagangan Korea di negara tersebut secara kompetitif. Kanada merupakan negara ke 25 terbesar yang melakukan perdagangan dengan Korea Selatan.

Dalam kesempatan bertemu dengan warga Korea di Kanada, Presiden Park juga mengundang mantan guru bahasa Perancisnya Andre Comtois. Comtois adalah seorang misionaris di Korea selama 25 tahun sejak 1956 dan mengajar Presiden Park saat di sekolah menengah atas. Saat ini 205.000 jiwa warga Korea Selatan tinggal di Kanada.

Disadur dari Chosun Ilbo.

NO COMMENTS

Leave a Reply