Orang Korea Lebih Sering Konsumsi Kopi Dibanding Kimchi?

Credit: www.aspirantsg.com

Credit: www.aspirantsg.com

SALAMKOREA.COM – Kopi menjadi sangat populer di Korea Selatan sampai-sampai banyak orang lebih memilih meminum segelas kopi dibanding makan nasi atau kimchi. Sedangkan menurut National Coffee Association of the United States, pada tahun 2012 Korea Selatan ada di peringkat ke-30 negara pengkonsumsi kopi.

Menurut Kementerian Urusan Pertanian, Pangan dan Pedesaan, kopi adalah item pangan yang paling sering dikonsumsi, dengan rata-rata 12,2 kali per pekan.

Kimchi, sayuran yang difermentasi secara tradisional, menduduki posisi kedua (11,9 kali), diikuti oleh gula (9,7) dan nasi (9,7).

Berkat popularitasnya yang semakin meningkat, 65.000 ton kopi diproduksi di negara itu pada 2013. Hal itu meningkat sekitar 63% dari tahun 2009. Dari total produksi itu, konsumsi kopi instan memiliki porsi sekitar 39,2% di tahun 2013, naik 54% sejak 5 tahun terakhir.

Juru bicara kementerian mengatakan, “Pasar kopi instan mulai menyusut, dengan adanya bermacam-macam varian rasa dan kopi siap seduh yang semakin populer.”

Kegemaran konsumsi kopi terlihat jelas di Seoul. Di ibukota Korsel itu banyak gedung yang punya gerai kopi di lantai pertama.

Gerai-gerai kopi semakin menjamur sejak Starbucks Coffee asal Seattle, AS masuk ke Korea pada 1999 dan mendorong ledakan gerai kopi di negara dengan perekonomian terbesar keempat di Asia itu.

Merek-merek multinasional yang lain seperti The Coffee Bean & Tea Leaf dari California dan Pascucci dari Italia juga mulai memasuki pasar Korea. Tidak hanya itu, perusahaan lokal seperti Lotte Group dan CJ Group juga mulai melirik bisnis ini. Penikmat kopi di Korea pun tak mungkin khawatir kehabisan kopi.

 

Sumber: Chosun Ilbo

SOURCE Korea Times US
Profile photo of Kanya Prasetyo
Kdramas addict. My Oppas' fan.

1 COMMENT

Leave a Reply