Jajanan Korea yang Cocok Disantap di Musim Dingin

3

Korea terkenal dengan berbagai macam jajanan yang menggoda. Biasanya, jajanan ini dijual di kios-kios atau mobil-mobil yang menjual makanan di pinggir jalan. Di musim dingin, tentunya masyarakat ingin menikmati makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Nah, kali ini mari kita lihat jajanan apa saja yang cocok untuk kita santap di musim dingin di Korea!

1. Bungeoppang (붕어빵)

jajanan bungeoppangBungeoppang adalah salah satu jajanan populer di Korea Selatan. Di musim dingin, merupakan hal yang biasa jika banyak ditemukan gerobak makanan yang menjual makanan ringan ini. Bungeoppang dibuat dari adonan tepung terigu yang dicetak ke dalam bentuk ikan. Di dalamnya diisi selai kacang merah yang rasanya manis. Bungeoppang wajib disantap ketika masih hangat. Sekarang ini, sudah banyak terdapat jenis-jenis bungeoppang, seperti ingeoppang, mini-bungeoppang, dan bungeoppang yang diisi dengan rasa lain selain selai kacang merah. Harga dari makanan ini beragam, tapi pada umumnya, bungeoppang dijual seharga 2000 won (sekitar 20.000 rupiah) untuk 3-5 buah. Kata orang, kepribadian kita juga bisa terlihat ketika makan bungeoppang. Orang yang makan bungeoppang dari kepala ikannya biasanya bersifat optimistik dan bersemangat. Sementara itu, orang yang makan bungeoppang dari ekor ikannya biasanya bersifat sensitif, romantis, dan fashionable.

2. Hoppang (호빵)

jajanan hoppangHoppang sangat mirip dengan bakpau yang biasa kita lihat di Indonesia. Hoppang biasanya berisi pasta kacang merah. Tetapi, saat ini sudah banyak dijual hoppang yang berisi daging, sayuran, keju, dan lain-lain. Jajanan ini dijual seharga 700-1000 won (7000-10.000 rupiah) per buahnya. Kita bisa menemukan hoppang di banyak tempat, di supermarket, pasar, toko kecil, dan lain-lain.

3. Tteokbokki (떡볶이)

jajanan tteokbokkiSiapa yang tidak tahu tteokbokki? Jajanan yang satu ini merupakan jajanan yang sangat populer. Tteokbokki sering muncul di berbagai drama maupun program televisi. Makanan ini terbuat dari kue beras yang diberi saus yang rasanya pedas. Namun, bukan hanya pedas, terkadang saus tteokbokki memiliki cita rasa yang manis. Tteokbokki juga berisi eomuk (fish cake) dan sayuran seperti wortel, bawang, dan kol. Campuran ini disajikan hangat lengkap dengan segelas kuah panas yang berasal dari rebusan eomuk. Tteokbokki mudah ditemukan di seluruh penjuru Korea. Bahkan, sekarang dijual pula tteokbokki dengan cita rasa kari dan keju. Harganya beragam dan berbeda tiap tokonya, tetapi berkisar 2500-3500 won (25.000-35.000) rupiah per porsinya.

4. Sate Eomuk (꼬치 어묵)

jajanan sate eomukEomuk juga disajikan dalam wujud sate. Eomuk ditusukkan membentuk sate dan direbus di dalam kuah kaldu bersama lobak dan rumput laut. Sate eomuk ini tidak pedas dan sempurna untuk menghilangkan rasa pedas setelah menyantap tteokbokki. Harga makanan ini berkisar 500-1000 won (5.000-10.000 rupiah) dan dijual di gerobak yang sama dengan tteokbokki.

5. Hotteok (호떡)

jajanan hotteokHotteok adalah jajanan tradisional yang mudah dibuat. Hotteok terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan gula putih, gula merah kacang, dan kayu manis. Namun, variasi baru hotteok juga tersedia dengan isi sayuran. Harga hotteok sekitar 700-1000 won (7000-10.000 rupiah) per buahnya.

Itu dia beberapa jajanan yang bisa menghangatkan diri kita di musim dingin di Korea! Sebagai negara dengan beragam kuliner, lima jajanan di atas hanya sebagian kecil saja lho, Jeolchin!

SOURCE Visit Korea
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

3 COMMENTS

Leave a Reply