Ada Apa di Gwanghwamun?

9
Selamat datang di Gwanghwamun Plaza

Selamat datang di Gwanghwamun Plaza

Bagi para turis yang berwisata ke Seoul, biasanya objek wisata ini tidak boleh ketinggalan untuk disambangi. Gwanghwamun adalah gerbang utama dari Istana Gyeongbokgung, istana terbesar dari lima istana yang dibangun pada masa Dinasti Joseon. Letak Gwanghwamun sangat strategis dan mudah dijangkau dengan kereta ataupun bus, yaitu di persimpangan di ujung utara Jalan Sejong-no. Kita bisa menaiki kereta subway Line 5 dan turun di Gwanghwamun Station untuk mencapainya. Bisa juga naik Line 3 dan turun di Gyeongbokgung Station.

Gwanghwamun pertama kali dibangun pada tahun 1395, tetapi hancur karena serangan Jepang pada tahun 1592 dan terbengkalai hingga lebih dari 250 tahun. Pada tahun 1867, gerbang ini pun dibangun kembali pada masa pemerintahan Raja Gojong. Gerbang ini pun berkali-kali mengalami rekonstruksi hingga akhirnya menjadi gerbang megah seperti yang bisa kita saksikan saat ini.

Datang pagi-pagi supaya bebas foto-foto!

Datang pagi-pagi supaya bebas foto-foto!

Daya tarik utama Gwanghwamun adalah sebuah lapangan luas terbuka bagi umum yang terletak di depannya. Tempat ini terkenal dengan nama Gwanghwamun Plaza atau Gwanghwamun Square. Objek wisata yang diresmikan pada 1 Agustus 2009 ini pun sering muncul dalam berbagai drama atau CF Korea, bahkan klip musik juga sering dilakukan di sini. Pada waktu-waktu tertentu juga sering diadakan berbagai festival di sini.

Lalu, apa saja yang ada di Gwanghwamun?

Patung Admiral Yi Sun-Shin.

Yi Sun-Shin adalah seorang laksamana yang sangat terkenal jasanya dalam sejarah Korea. Ia meraih kemenangan dalam Perang Imjin pada masa Dinasti Joseon melawan Jepang. Tak heran patungnya kini bertakhta di lokasi landmark kota Seoul.

Patung Admiral Yi Sun-Shin

Patung Admiral Yi Sun-Shin

Patung Raja Sejong

Raja Sejong adalah raja keempat pada masa Dinasti Joseon dan salah satu dari dua raja yang mendapat gelar “The Great”. Ia memerintah pada tahun 1418 hingga 1450. Raja Sejong mencatat banyak prestasi besar semasa kepemimpinannya. Salah satu yang paling utama adalah ia menciptakan aksara Korea yang bernama Hangul. Sebelumnya, masyarakat kelas atas masa itu menggunakan aksara China (Hanja) untuk menulis.

Saya mejeng di depan Patung Raja Sejong

Saya mejeng di depan Patung Raja Sejong

Istana Gyeongbokgung

Setelah puas berjalan-jalan dan berfoto-foto di Gwanghwamun, kita bisa juga mengunjungi Istana Gyeongbokgung. Anda bisa mengenakan pakaian tradisional Korea, Hanbok, secara gratis dan berfoto di lingkungan istana.

Gwanghwamun dan Istana Gyeongbokgung di ujung jalan

Gwanghwamun dan Istana Gyeongbokgung di ujung jalan

Sejong Center for the Performing Arts

Ini adalah gedung pertunjukan seni terbesar di Seoul. Luasnya sekitar 53.202 meter persegi dan pertama kali dibuka pada tahun 1978. Tempat ini tentunya wajib juga untuk disinggahi.

Sejong Center

Sejong Center

 

Gedung-gedung pencakar langit di sekitar Gwanghwamun Plaza

Gedung-gedung pencakar langit di sekitar Gwanghwamun Plaza

Supaya lebih seru, sebelum berkunjung ke sini, cek dulu calendar event atau festival apa yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Jadi, kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati acara yang menarik. Buat yang sudah pernah ke sini, ayo ceritakan pengalaman seru kalian di bawah ini, ya.

Profile photo of Yuki Anggia
editor | travel writer | author of www.ohelterskelter.com |

9 COMMENTS

Leave a Reply