Museum Figur W: Koleksi Mainan dari Animasi dan Fiksi

0

museumw

Di Korea, ada masa ketika koleksi mainan dan action figure dianggap sebagai “barang anak-anak”. Namun sekarang, kolektor mainan dewasa tidak perlu menutup-nutupi koleksi mainan mereka, namun bisa mencoba berbagi hobi mereka dengan yang lain.

Museum baru di Cheongdam-dong, selatan Seoul membuktikan tren ini. Sejak dibuka Sabtu lalu, Museum Figur W telah menampilkan ribuan mainan dan action figure dari tokoh-tokoh animasi dan fiksi.

“Kami menaruh huruf ‘W’ di akhir nama resmi museum karena kami berharap pengunjung akan terus mengucapkan ‘wow’ ketika di dalam museum,” kata kurator museum Jamie Q Lee saat acara pembukaan museum pada 27 Februari.

Sebuah action figure “Iron Man” berdiri di depan pintu masuk museum ditujukan untuk menarik perhatian siapapun yag lewat. Sedangkan ketika memasuki museum, pengunjung akan berhadapan dengan robot “Bumblebee” dari film “Transformers” ukuran asli yang menyapa mereka.

museumw2

“Museum kami tidak hanya sebuah ruang yang memamerkan mainan. Ini lebih seperti taman bermain dimana pengunjung dari segala usia dapat berbagi cerita tentang mainan dengan teman-teman dan keluarga mereka,” tambah Lee.

Bangunan museum yang terdiri dari 6 lantai di atas tanah dan 2 lantai bawah tanah dipenugi oleh mainan-mainan mulai dari Gundam dari Jepang hingga ke superhero asal Amerika Serikat dari serial komik Marvel.

Mainan dan action figure dari berbagai jenis dan ukuran dipamerkan di lantai 3 sampai 6, sedangkan lantai yang lebih bawah digunakan untuk tempat bermain anak-anak (lantai dasar), kafe (lantai satu) dan toko mainan (lantai dua). Lantai 3 sebagian besar diisi karakter-karakter dari Amerika, sedangkan lantai 4 didedikasikan untuk figur dari Jepang. Sedangkan barang-barang yang langka dipamerkan di ruang pameran bertema khusus di lantai 5 dan 6, termasuk 150 action figure yang dibuat oleh desainer ternama yang diberi judul “My Toy” dan peraga dari film sains fiksi seperti “Alien” dan “The Fifth Element”.

museumw1

Seorang staf museum mengatakan, “Mainan dan action figure yang dipamerkan bernilai mulai dari jutaan hingga ratusan juta won. Action figure Gundam setinggi 70 cm yang telah dikustomisasi berharga hingga 200 juta won.”

Koleksi museum kebanyakan masih karakter-karakter dari Jepang dan AS dan kurang beragam. Hingga saat ini, “Robot Taekwon V” adalah satu-satunya yang berasal dari film animasi Korea yang ada di museum itu.

Kurator museum pun menyadari hal itu dan mengungkapkan, “Walaupun mainan dan action figures yang saat ini dipamerkan berasal dari film-film Jepang dan Amerika Serikat, kami akan memamerkan mainan-mainan dari film animasi Korea di ruang pameran khusus.”

museumw3

Museum Figur W buka setiap hari Selasa-Minggu dari jam 11 pagi hingga 7 malam. Museum ini berlokasi dekat dengan pintu keluar 4 Stasiun Rodeo Apgujeong, subway jurusan Bundang. Tiket masuknya seharga 12.000 won untuk anak-anak dan 15.000 untuk orang dewasa. Informasi lebih lanjut, kunjungi situs www.figuremuseumw.co.kr.

SOURCE The Korea Times
Profile photo of Kanya Prasetyo
Kdramas addict. My Oppas' fan.

NO COMMENTS

Leave a Reply