Sebelas Situs Warisan Dunia UNESCO di Korea Selatan

1

Korea Selatan memiliki sebelas tempat yang termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia (World Heritage) UNESCO. Mereka terdiri dari sepuluh situs budaya dan satu situs alam. Berikut sebelas tempat luar biasa tersebut:

1. Istana Changdeok

situs-warisan-dunia-UNESCO-Korsel

Istana Changdeok adalah istana Dinasti Joseon. Istana ini terletak di Seoul. Changdeokgung artinya “Istana Kebijakan Gemilang”. Istana Changdeok terdaftar pada tahun 1997.

2. Situs Dolmen Gochang, Hwasun, dan Ganghwa

situs-unesco-dolmen

Tempat bersejarah ini terletak di Provinsi Jeolla Utara dan Selatan, serta di Incheon dan terdaftar pada tahun 2000.

3. Kota Bersejarah Gyeongju

situs-unesco-gyeongju

Kota Bersejarah Gyeongju terdaftar pada tahun 2000. Di sini terdapat pagoda, kuil, istana, artefak, dan arca-arca dari Kerajaan Silla.

4. Haeinsa

situs-unesco-haeinsa

Haeinsa atau Kuil Haein kuil Buddha utama dari aliran Jogye di Korea Selatan dan menyimpan Tripitaka Koreana, cetakan Tripitaka kayu yang berjumlah 81.258 pres kayu sejak tahun 1398. Haeinsa terdaftar pada tahun 1995. Kuil ini terletak di puncak Gunung Gaya, Provinsi Gyeongsang Selatan.

5. Kampung Rakyat Hahoe dan Yangdong

situs-unesco-hahoe

Kampung Rakyat Hahoe dan Yangdong terdaftar pada tahun 2010. Keduanya terletak di Provinsi Gyeongsang Utara. Di kedua tempat ini terdapat banyak hanok (rumah tradisional Korea) yang berusia 300-500 tahun. Warga Kampung Rakyat Hahoe masih memegang tradisi Dinasti Joseon. Sementara warga Kampung Rakyat Yangdong memegang ajaran Konfusianisme.

6. Benteng Hwaseong

situs-unesco-benteng

Benteng Hwaseong terdaftar pada tahun 1997. Benteng ini mengelilingi Kota Suwon dan dibangun pada tahun 1794-1796.

7. Pulau Vulkanik dan Pipa Lahar Jeju

situs-unesco-jeju

Pulau Jeju terdaftar pada tahun 2007 karena memiliki banyak keanekaragaman alam. Warisan Dunia yang terdapat di Jeju melingkupi Cagar Alam Gunung Halla, Puncak Seongsan Ilchulbong dan Sistem Kawah Lahar Geomunoerum. Pulau Jeju memang sudah menjadi daya tarik wisata. Pemandangan yang indah serta udara yang segar menjadi daya tarik utama Pulau Jeju.

8. Jongmyo

situs-unesco-jongmyo

Kuil Jongmyo terdaftar pada tahun 1995. Jongmyo adalah kuil Konfusius yang dibuat untuk menyimpan tablet memorial dari raja dan ratu Dinasti Joseon. Kuil Jongmyo terletak di Seoul.

9. Namhansanseong

situs-unesco-nam

Namhansanseong terdaftar pada tahun 2014. Namhansanseong artinya Benteng Pegunungan Han Selatan.

10. Makam Penguasa Dinasti Joseon

situs-unesco-makam

Makam Penguasa Dinasti Joseon adalah komplek makam raja dan ratu serta keturunan kerajaan dari Dinasti Joseon. Makam-makam ini mulai dibuat sejak tahun 1408 sampai 1966. Pemilihan situs dan tata cara makam dilaksanakan secara hati-hati sesuai dengan tradisi Konfusianisme dan Fengshui. Makam Penguasa Dinasti Joseon ini terdaftar pada tahun 2009.

11. Seokguram dan Kuil Bulguk

situs-unesco-bulguksa

Seokguram dan Bulguksa terdaftar pada tahun 1995. Keduanya terletak di Gyeongju, Provinsi Gyeongsang Selatan. Seokguram juga merupakan harta nasional Korea Selatan. Sementara Bulguksa merupakan salah satu kuil utama aliran Jogye.

Itu dia sebelas Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Korea Selatan. Jeolchin bisa mengunjunginya jika berkesempatan melancong ke Korea Selatan!

SOURCE UNESCO
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

1 COMMENT

Leave a Reply