Korea Selatan Melaju ke Perempat Final Piala Asia 2015

0

Piala Asia 2Korea Selatan berhasil melaju ke babak perempat final Piala Asia 2015 setelah berhasil mengalahkan Kuwait dengan skor 0-1. Meskipun hanya menang tipis atas wakil dari Timur Tengah, Kuwait, Korea Selatan berhasil melenggang ke babak delapan besar. Kemenangan ini menjadikan Korea Selatan menjadi runner up di Grup A, di bawah Australia. Australia dan Korea Selatan masing-masing telah mengantongi 6 poin. Sebelumnya, Korea Selatan mengalahkan Oman dengan skor tipis 1-0.

Pertandingan antara Kuwait melawan Korea Selatan berlangsung pada hari Selasa, 13 Januari 2015 kemarin pukul 18.00 waktu setempat di Canberra Stadium, Canberra, Australia. Meskipun kondisi lapangan basah karena hujan, kedua tim tetap menunjukkan persaingan yang ketat selama pertandingan. Akhirnya, gelandang serang Korea Selatan, Nam Tae Hee, memecah kebuntuan dengan menyarangkan bola sundulannya ke gawang Kuwait pada menit ke-36. Gol dari Nam Tae Hee ini kemudian menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan ini.

Beberapa pemain yang cedera dalam pertandingan sebelumnya membuat pelatih Korea Selatan, Uli Stielike, harus mengganti beberapa pemainnya. Namun sayangnya, pergantian pemain ini belum cukup untuk membuat Korea Selatan menguasai permainan Kuwait. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kesempatan yang diciptakan Kuwait untuk menyamakan kedudukan.

Babak pertama didominasi oleh Korea Selatan. Pada menit ke-30, Lee Keun Ho yang pernah meraih penghargaan AFC Player of the Year sempat mendapat kesempatan mencetak gol. Sayangnya, tendangannya mampu ditahan oleh kiper Kuwait, Hameed Youssef.

Enam menit kemudian, Korea Selatan berusaha kembali melancarkan serangan. Kali ini, pemain bertahan Korea Selatan yang sangat berpengalaman, Cha Du Ri menggiring bola dari wilayah pertahanan Korea Selatan ke wilayah pertahanan Kuwait. Kemudian ia mengoper bola ke gelandang serang Nam Tae Hee yang kemudian menyundul bola tersebut dan menciptakan gol.

Di babak kedua, Kuwait mulai menunjukkan perlawanan. Setelah dikandaskan 4-1 oleh Australia pada pertandingan pembuka hari Jumat, 9 Januari 2015 lalu, Kuwait berusaha menyerang Korea Selatan. Beberapa kesempatan berhasil didapatkan Kuwait, namun berhasil digagalkan oleh para pemain Korea Selatan. Korea Selatan juga mendapat kesempatan untuk menambah pundi-pundi golnya. Akan tetapi, usaha mereka belum berhasil hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Hasil pertandingan ini membuat Korea Selatan berhasil merebut satu tempat di babak delapan besar Piala Asia 2015. Dengan lolosnya ke babak perempat final, Korea Selatan menjaga asa untuk menjadi juara Piala Asia 2015. Pertandingan selanjutnya antara pemuncak klasemen Grup A, Australia, melawan Korea Selatan akan berlangsung pada tanggal 17 Januari 2015 di Brisbane Stadium.

SOURCE The Guardian
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

NO COMMENTS

Leave a Reply