Tragedi Sewol Puncaki Daftar Kejadian 2014 Yang Terjadi di Twitter

0

20141211000656_0

Mengumumkan daftar tweet yang paling banyak dibicarakan serta peristiwa yang paling diingat tahun ini, Twitter Korea mengumumkan bahwa tragedi kapal Sewol yang merenggut lebih dari 300 nyawa menempati urutan pertama.

“Saat kejadian tenggelamnya Sewol, layanan mikroblogging Korea dibanjiri dengan tweet serta retweet yang berisi doa dan harapan agar para korban dapat kembali dengan selamat serta mengecek perkembangan berita Sewol,” ungkap direktur pemasaran Twitter Korea, Soh Young-sun pada hari kamis lalu.

Banyak pengguna Twitter di Korea bergabung dalam kampanye pita kuning dengan mengganti foto profil pada akun mereka menjadi pita kuning yang mengharapkan para korban yang masih terjebak di dalam kapal dapat bertahan serta menunjukkan dukungan mereka kepada keluarga korban.

Tweet GDragon yang berisi “#PRAYFORSOUTHKOREA” di retweet sebanyak 53 ribu kali menempati posisi pertama sebagai tweet yang paling banyak di retweet di Korea berdasarkan layanan jaringan sosial.

Pemain skating Kim Yu Na yang memenangkan medali perak pada kejuaraan SOCHI menempati posisi kedua sebagai topik yang paling populer tahun 2014 di Twitter.

Walaupun diunggulkan menyabet medali emas, Kim Yu Na harus merelakan medali tersebut jatuh kepada atlet dari Rusia yang menimbulkan kontroversi. Berbagai pesan dan apresiasi atas kerja keras Kim Yu Na membanjiri berbagai sosial media.

Jumlah hashtags yang mendukung Kim Yu Na menyentuh angka 63 ribu bahkan sebelum upacara penutupan kejuaraan tersebut.

Dan untuk posisi ketiga ditempati oleh pemilihan umum yang dilakukan pada bulan Juni. Twitter menjadi tempat bagi para kandidat menyampaikan kampanye mereka serta mendiskusikan masalah politik.

Dan salah satu kejadian yang tak terlupakan lainnya adalah pertandingan piala dunia antara Korea Selatan dengan Aljazair pad 23 Juni, serta kunjungan Paus Francis di Korea pada 15 Agustus lalu.

Tak ketinggalan beberapa nama bintang Kpop seperti PSY dan Anggota Super Junior mendominasi daftar 10 orang Korea dengan jumlah followers terbanyak.

 

 

SOURCE Korean Herald

NO COMMENTS

Leave a Reply