Ahok Terkesan Kuliner Korsel

1

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki berbagai pengalaman unik selama kunjungannya ke Korea Selatan selama tiga hari lalu, yakni dari Kamis (18/9/2014) hingga Minggu (21/9/2014).

152028520140918-153615780x390

Kunjungannya ke Negeri Ginseng itu adalah untuk memenuhi undangan penyelenggaraan Asian Games di Incheon sekaligus untuk meninjau penataan pedagang kaki lima (PKL) di Gangnam serta pembangunan tanggul ‎Saemangeum.

“Pengalamannya enak banget tahu enggak? Makanannya (di Korea Selatan) juga enak banget,” cerita Basuki.

Pria yang akrab disapa Ahok itu terbang ke Korea Selatan pada Kamis tengah malam. Basuki tiba di Korea, atau lebih tepatnya di Incheon, pada Jumat pagi keesokan harinya.

Karena helikopter yang akan membawanya ke tanggul tidak bisa mendarat di bandara, Basuki pun menuju helipad terdekat. “Terbang 45 menit ke tanggul (Saemangeum), saya sudah tidak makan siang lagi karena hanya dikasih sandwich doang,” cerita Basuki.

Ahok beserta rombongan tiba di hotel tempatnya menginap sekitar pukul 16.00 sore. ‎Sementara itu, undangan acara pembukaan Asian Games di Incheon ialah sekitar pukul 17.00.

“Saya langsung pesan makanan, buka koper, dan mandi cepat-cepat. Karena buru-buru harus ke upacara (pembukaan Asian Games), saya lihat kemeja saya sudah kena kecap, ha-ha-ha…. Ya sudah saya pakai baju kemarin malam saja (saat berangkat ke Korea),” ujar dia.

Bulgogi enak banget!

Satu hal lain yang tidak bisa dilupakan Basuki dari Korea Selatan adalah kulinernya. Makanan khas Korea yang menjadi favoritnya adalah bulgogi. Bul dalam bahasa Korea berarti api dan gogiadalah daging. ‎

Bulgogi merupakan masakan khas Korea berbahan dasar daging sejenis barbeque yang diolah sedemikian rupa dan menghasilkan hidangan nikmat. “Bulgogi enak banget, deh,” kata Basuki seraya mengangkat jempolnya.

Selama di Korea, Basuki juga senang selalu disajikan pisang. Buah kaya mineral itu merupakan buah favorit Basuki yang setiap hari tersedia di meja ruang kerjanya. Setiba di Korea Selatan dan naik helikopter menuju tanggul Saemangeum, calon gubernur DKI itu mendapat sarapan.

“Saya kira breakfast-nya apa, eh tahunya pisang ambon. Ha-ha-ha… senang banget saya (dapat pisang), yang lain dikasih pisang juga,” kata Ahok tertawa.

[Sumber: Kompas.com]

 

1 COMMENT

Leave a Reply