Chodang Sundubu, Makanan Khas PyeongChang untuk Berbuka Puasa

0
chodang sundubu

http://choiseunghyun.khan.kr/

SALAMKOREA.COM – Sebentar lagi umat muslim di Indonesia akan segera menyambut bulan Ramadan. Setelah menjalankan ibadah puasa seharian, tentu nikmat rasanya jika bisa menyantap menu makanan yang kaya rasa nan lezat. Chodang Sundubu (초당순두부), merupakan menu makanan khas Gangwon, yakni tempat diselenggarakannya Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018.

Meski memiliki banyak makanan khas yang lezat, namun sup yang satu ini harus dicicip jika berkunjung ke Gangwon. Untuk berbuka puasa, sup yang satu ini memiliki tekstur yang lembut karena dibuat dari sundubu, alias tahu sutra atau tofu yang mudah hancur. Chodang sundubu sendiri merupakan tahu halus yang dihasilkan di daerah Chodang, Gangreung, propinsi Gangwon. Yang menjadi khas dari tahu ini adalah, cara pembuatannya yang menggunakan air laut sehingga memiliki aroma dan rasa yang khas.

Nama chodang, diambil dari panggilan bupati di daerah Gangreung pada jaman pemerintahan Joseon. Bupati ini, setelah ditugaskan ke Gangwon, meminta juru masaknya untuk membuat tahu menggunakan air laut. Tidak dikira, tahu buatannya itu memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut sehingga ia pun memberi nama tahu itu sesuai dengan nama panggilannya yakni chodang.

Seiring berjalannya waktu, tahu halus chodang pun menjadi khas kuliner di daerah ini. Pada akhir tahun 1970, ada sebuah rumah makan tahu chodang yang akhirnya membuat makanan ini jadi terkenal hingga kini. Chodang sundubu yang asli dibuat dengan tahu halus yang baru dibuat dan disantap sambil ditemani saus kecap asin. Kini, menu makanan yang satu ini pun terlah banyak dikreasikan dengan menambah jenis makanan lain seperti daging dan makanan laut.

Nah penasaran bagaimana rasanya? Yuk, coba buat sendiri di rumah.

Bahan sup:
1 bungkus tahu sutra
500 ml air

Bahan saus:
1 sdm kecap asin
1/2 sdt bubuk cabai merah
1 sdt minyak wijen
1/2 sdt bawang putih cincang halus
1 sdt daun bawang dipotong halus 

Cara membuat:
1. Masukkan tahu sutra ke dalam panci lalu haluskan
2. Tuangkan air lalu rebus dengan api sedang
3. Setelah mendidih pindahkan ke dalam mangkuk
4. Buat saus dengan mencampur semua bahan saus
5. Sajikannya dengan saus

Selamat mencoba!

NO COMMENTS

Leave a Reply