Odeng, Jajanan Korea yang Mirip Bakso dari Indonesia

odeng-food

Jajanan ini merupakan salah satu jajanan kaki lima di Korea, yang dikenal juga dengan nama fish cake. Odeng atau eomuk terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu bersama bumbu-bumbu. Berdasarkan bahan yang dipakai, jajanan ini mirip seperti bakso di Indonesia.

Biasanya, adonan odeng yang sudah jadi akan dibentuk, ditusuk dan direbus dalam air kaldu sayuran (berisi lobak atau rumput laut) yang sudah dibumbui. Ada juga pedagang yang memasukkan seafood ke dalam kuahnya, agar rasa kaldunya semakin lezat.

Tidak seperti bakso di Indonesia yang berbentuk bulat, odeng memiliki bentuk yang beragam. Ada yang dibentuk panjang seperti sosis, ada yang pipih dan ditusuk berlipat-lipat dan ada juga yang berbentuk seperti bakso tapi dengan ukuran yang relatif lebih kecil.

Odeng biasanya dimakan dan disajikan bersama kuah, ada juga yang mencelupkannya ke dalam saus. Jajanan kaki lima ini sangat populer ketika musim dingin tiba dan paling lezat jika dinikmati dalam keadaan masih hangat.

Jeolchin tertarik dengan jajanan satu ini?