Yuk Cicipi 10 Menu Makanan Korea Terpopuler

5

Salah satu budaya yang khas dari suatu Negara adalah citarasa kuliner yang menyimpan kelezatan di setiap suapannya. Seperti di Korea, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kelezatan berbagai menu kuliner yang menggunggah selera.

Mulai dari sup, bubur, hingga camilan khas pasar di Korea memiliki rasa yang khas dan selalu menggelitik lidah untuk dicicipi. Nah berikut ini ada 10 menu makanan Korea yang wajib dicicipi karena kelezatannya yang sudah dikenal di seluruh dunia.

1. Soondubu Jjigae

Jika masih mengikuti tatacara masak tradisional, makanan ini dimasak menggunakan gerabah dan hanya dibuat untuk satu porsi saja. Teksturnya lebih kental dari sup namun lebih encer dari bubur. Bahan yang digunakan dalam sup ini adalah ikan segar, daging sapi, bubuk cabe, tahu sutra, dan terur.

2. Seolleongtang

Bisa dibilang Seolleongtang merupakan sup terpopuler di Korea Selatan. Menu ini dibuat dari tulang sapi yang dimasak berjam-jam sehingga menciptakan warna putih yang khas. Kaya akan kalsium, sup ini bahkan sangat menjadi favorit orang-orang di Korea.

Campuran lain dalam sup ini adalah daging sapi dna lobak. Musim dingin adalah saat yang tepat mengonsumsi sup ini. Tidak hanya dijadikan menu utama saat makan malam, menu ini juga biasa dijadikan sebagai sarapan. Masyarakat Korea seringkali memasak dalam jumlah besar untuk persediaan selama  1 minggu saat musim dingin tiba.

3. Tteokbokki

Jajanan pasar yang wajib dicicipi oleh penggemar drama Korea. Terbuat dari tepung beras dengan tekstur yang kenyal dan saus pedas. Biasanya dijual di pinggir jalan dan jadi jajanan wajib di Korea. Seringkali disajikan dengan kue ikan atau ramen.

4. Dakjuk

Makanan yang satu ini dibuat dari rebusan daging ayam yang dicampur dengan nasi sehingga menjadikan testurnya kental . Dakjuk juga dibuat dengan campuran bawang putih sehingga menjadikan rasanya gurih dan pekat beraroma bawang putih.

5. Hoeddeok

Jika suka dengan makanan manis, maka hoeddeok adalah pilihan yang tepat. Makanan ini mirip seperti pancake namun dibuat dengan adonan ragi yang disiramkan campur an kayu manis, gula merah, dan kenari. Dimasak dengan cara digoreng dan menjadi pilihan jajanan anak-anak di Korea.

6. Yangnyeom Tongdak

Menu ayam goreng Korea memang berbeda dengan menu ayam goring pada umumnya. Jika ayam goreng biasanya memiliki rasa yang gurih dan asin, berbeda dengan ayam goreng Korea yang memiliki rasa pedas manis. Yangnyeom Tongdak atau yang juga lebih dikenal dengan Korean Fried Chicken bertekstur renyah namun akan terasa empuk ketika digigit pada bagian dagingnya.

7. Japchae

Sekilas mungkin akan mirip bihun goreng di Indonesia, namun mi dari Japcha ini dibuat dari ubi sehingga memiliki tekstur yang lebih kenyal. Dibuat dengan dengan cara seperti membuat bihun goreng, dicampur dengan sayur dan kecap sehingga menjadikan rasanya nikmat dan jadi salah satu menu pilihan yang wajib ada di meja makan di Korea.

8. Bulgogi

Menu yang satu ini menjadi makanan paling digemari di dunia. Bulgogi terdiri dari irisan daging sapi yang dicelupkan dalam saus terbuat dari jus buah pir, bawang putih, kecap, dan bumbu khas Korea sehingga menghasilkan rasa daging bertekstur lembut dengan rasa manis dan gurih.

9. Bibimbap

Bisa dibilang menu yang satu ini adalah menu nasi campur ala Korea. Terdiri dari nasi, sayuran, daging, dan telur yang dimasak dalam sebuah wadah mangkuk yang dipanaskan. Disiram dengan saus gochujang menjadikan rasanya khas dan nikmat.

10. Kimchi

Kimchi merupakan menu makanan wajib yang harus selalu ada di meja makan untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Kimchi dibuat dari sayuran sawi putih yang telah melalui proses fermentasi dan menjadi menu makanan khas Korea yang selalu disandingkan dengan berbagai menu makanan lainnya sebagai pelengkap.

 

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

5 COMMENTS

Leave a Reply