Mengenali Istilah Chaebol dan Siapa Saja Mereka Dalam Kehidupan Nyata, Yuk!

chaebol cover

Penggemar drama Korea pasti sudah sangat mengenal istilah Chaebol bukan? Jeolchin tentu ingat dengan sosok Gu Jun Pyo dan teman-temannya dalam drama Boys Before Flower, Park Hae Young dari drama Secret Garden, kemudian ada lagi sosok Park Se Joo dalam drama Marry Him If You Dare dan yang kini mungkin sangat diingat oleh penduduk Indonesia adalah Kim Tan, karakter dalam drama The Heirs yang kini tengah tayang di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Sebenarnya, apa Chaebol itu sendiri? Adakah sosok mereka dalam kehidupan nyata? Yuk simak infonya!

Chaebol merupakan istilah yang digunakan masyarakat Korea sebagai panggilan untuk seorang konglomerat. Istilah itu adalah sebutan yang digunakan untuk para konglomerat hebat di Korea yang telah menjadi poros kekuatan ekonomi utama dari ekonomi Korea Selatan mulai dari berakhirnya masa perang Korea hingga sekarang. Mereka memiliki peran besar dalam membantu pemerintahan Korea Selatan untuk mengembangkan industri, pasar dan ekspor baru.

Julukan Chaebol dan posisinya sendiri sempat akan dirombak oleh tiga presiden Korea Selatan (Kim Young Sam, Kim Dae Jung, dan Roh Moo Hyun), namun pada kenyataannya mereka masih memegang kekuasaan dan mendapatkan peran penting terhadap perekonomian Korea Selatan. Bahkan beberapa waktu yang lalu sempat ada skandal yang melibatkan beberapa pimpinan perusahaan Chaebol dan presiden.

Dalam kehidupan nyata, Chaebol asal Korea Selatan merupakan beberapa pemilik perusahaan besar Korea Selatan yang telah menjadi penyokong perekonomian negeri ginseng tersebut. Adapun berikut ini beberapa perusahaan tersbut: Hyundai, Samsung, LG, SK Group, Ssangyong, Daewoo, Hanjin, Lotte, Cheil jedang. Beberapa nama tersebut bahkan telah dikenal dan diakui oleh negara-negara lainnya.

Wah ternyata pemilik perusahaan-perusahaan terkenal itu merupakan Chaebol yang sebenarnya dari Korea Selatan, apakah kehidupan mereka juga sama seperti sosok yang ada di dalam drama ya?

SOURCE Wikipedia

2 COMMENTS

Leave a Reply