Ini Tradisi Memberikan Salam di Korea

tradisi-salam-di-korea

SALAMKOREA.COM – Jika sering menonton drama Korea pasti sudah tidak asing dengan kebiasaan membungkuk masyarakat Korea. Kebiasaan membungkuk ini sama seperti yang dilakukan oleh orang Jepang. Membungkukkan tubuh merupakan ungkapan rasa hormat, permohonan maaf, beribadah dan juga kasih sayang.

Gerakan tersebut bisa dilakukan dengan kemiringan tertentu, dan kadang dilakukkan dengan berulang-ulang. Di Korea membungkuk sama dengan salam, yang berarti mengucapkan salam dan selamat tinggal. Jadi tiada hari tanpa membungkuk. Cara membungkukkan badan yang tepat merupakan bagian dari etika pergaulan yang penting di Korea. Di negara ini, semakin dalam orang membungkuk dan semakin lama dia membungkuk berarti seakan dia menunjukkan penghormatan yang besar atau penyesalan yang dalam.

Karena berapa derajat membungkuk memiliki arti yang berbeda, maka kesalahan membungkuk juga bisa berakibat fatal. Dengan hanya membungkuk sedikit dan sesaat artinya sudah beda lho. Kalau seperti itu sikap yang ditunjukkan adalah seperti seseorang yang menjadi sasaran kemarahan atasan. Sedangkan membungkukkan bahu dan langsung pergi menunjukkan isyarat seperti anak kecil yang baru dimarahi. Sementara sikap membungkuk berkali-kali sampai ke pinggang disertai permohonan maaf terjadi dalam keadaan ekstrim.

Dalam peraturannya kebiasaan membungkuk di di Korea umumnya terbagi dalan 3 jenis: informal, formal, dan sangat formal. Ketiganya dapat dibedakan dari sudut bungkuknya. Untuk informal sekitar 15 derajat, formal sekitar 30 derajat, dan sangat formal hingga 90 derajat atau lebih, hingga dahi menyentuh tanah. Membungkuk untuk pria biasanya sambil menekan tubuh ke belakang untuk menjaga keseimbangan, sedangkan wanita biasanya menaruh kedua tangan di depan badan.

Seiring perkembangan jaman khususnya tren Hallyu, telah terjadi sebuah pembauran kebudayaan antara Barat dan Timur. Orang barat lebih sering berjabat tangan saat bertemu. Orang timur cenderung membungkuk. Pembauran budaya ini menghasilkan sebuah salam yang disebut bow and handshake.

 

 

*berbagai sumber.

diupdate pada 31 Januari 2020.