Ini Dia Beberapa Hantu Korea Yang Menjadi Legenda Negeri Ginseng

Demam Korea yang tengah melanda Indonesia dan negara lainnya kadang membuat kita terus ingin tahu tentang negeri pencetak idola-idola berbakat ini. Negeri ginseng ini mempunyai banyak budaya dan legenda yang mungkin belum banyak orang mengenalnya lebih dekat. Selain budaya masyarakat yang unik dan kuliner khasnya yang menggoda, Korea juga memiliki sisi misteri yang telah menjadi legenda bagi masyarakat Korea sendiri.

Beberapa drama Korea juga sempat mengangkat konsep misteri dalam cerita mereka, namun tampaknya masih sangat minim jumlah cerita-cerita yang menceritakan siapa saja sosok misteri yang telah menjadi legenda di Korea. Sosok-sosok misteri dari legenda Korea yang lebih sering kita kenal dengan sebutan hantu Korea ini, sebenarnya tidak kalah mengerikan dari sosok-sosok hantu dari negara lain.

Salah satu dari mereka adalah gumiho, kalian pasti familiar dengan hantu yang satu ini bukan? Dalam drama Korea, sosok gumiho yang digambarkan tidak lebih mengerikan seperti sosok gumiho sebenarnya yang sesuai dengan legenda rakyat Korea. Nah, kalian mau tahu bagaimana gumiho yang sebenarnya? Yuk simak infonya dan beberapa hantu Korea lainnya!

Gumiho

gumiho5

(Gumiho dalam drama My Girlfriend Is A Gumiho)

Gumiho adalah siluman rubah berekor sembilan yang muncul dalam legenda masyarakat Korea. Masyarakat Korea yakin bahwa seekor rubah yang mampu hidup selama ribuan tahun akan berubah menjadi sosok gumiho. Hantu Korea yang satu ini, dikenal mampu mengubah wujudnya menjadi seorang wanita cantik yang kerap kali menggoda para pria yang ia temui. Kemudian, setelah pria sasarannya tergoda dengan rayuannya, gumiho akan menjebak mereka agar bisa mengambil organ hati dari pria tersebut dan memakannya. Hati seorang pria diyakini dapat mempertahankan kecantikan dari sosok gumiho.

Joeseung Saja

ggg7

(Joesseung Saja dari drama Arang and The Magistrate)

Hantu Korea ini disebut sebagai malaikat pencabut nyawa, ia dikategorikan sebagai makhluk yang mengerikan menurut legenda masyarakat Korea. Kenapa? Karena makhluk satu ini suka menyalahgunakan nyawa manusia yang telah meninggal untuk melakukan berbagai hal buruk sebelum mengantarkannya ke akhirat. Dalam legenda dikatakan bahwa Joesseung Saja akan menghisap jiwa seseorang yang telah meninggal, kemudian menggiring jiwa tersebut menuju ke tempat orang mati. Biasanya perjalanan itu akan melewati hutan yang gelap dan berkabut. Menurut cerita, hingga kini penyalahgunaan arwah masih terjadi di daerah pedesaan Korea, Jeolchin!

Dokkaebi

Dokkaebi? Makhluk apa lagi itu? Menurut legenda hantu Korea ini memiliki wujud goblin yang bertanduk. Dokkaebi biasanya membawa sebuah tongkat ke mana pun ia pergi. Makhluk ini dikategorikan sebagai hantu yang baik oleh masyarakat Korea, karena ia kerap kali memberikan kebaikan kepada banyak orang. Dokkaebi sendiri mendapatkan kekuatan dari tanduk di kepala dan tongkat sihirnya, makhluk ini dikenal suka memberi keberkahan kepada orang-orang baik dan suka usil kepada orang-orang berperilaku buruk.

Bagaimana Jeolchin, hantu Korea tidak kalah unik dengan hantu-hantu lainnya bukan?

sumber: http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/hantuhantu.korea.selatan/001/007/684

SOURCE Gadis

3 COMMENTS

Leave a Reply