10 Fakta Unik Orang Korea Selatan

4

SALAMKOREA.COM – Masyarakat Korea Selatan ternyata memiliki banyak kebiasaan unik. Budaya Korea mulai dari kesenian hingga kecantikan dan dunia mode Korea kini memang tengah digandrungi hampir di seluruh lapisan dunia internasional, termasuk Indonesia. Berikut 10 fakta unik masyarakat Korea Selatan:

N2014083112310081701

1. Gila Internet

Masyarakat di Korea Selatan selalu memesan tiket penerbangan secara online ke mancanegara dengan tingkat 82,7% dari jumlah penetrasi internet di seluruh dunia, dan 78,5% orang Korea memesan tiket dengan menggunakan smartphone mereka.

Sementara untuk urusan bersosialisasi, orang Korea lebih gemar mengobrol dengan menggunakan emoticon aplikasi messenger populer di Korea seperti LINE dan Kakao Talk. Mereka juga akan mengecek harga barang yang mereka inginkan di supermarket melalui pemindaian kode virtual melalui smartphone mereka.

Begitu tingginya penggunaan perangkat canggih di Korea, Hyundai, perusahaan produsen mobil terbesar di sana berencana akan meluncurkan mobil yang dapat dioperasikan melalui smartphone pada tahun 2015. Sementara Samsung, produsen telepon genggam asal negeri ginseng itu telah merancang ponsel melengkung untuk memenuhi standar kebutuhan orang korea yang tinggi akan penggunaan teknologi canggih.

2. Pengguna Kartu Kredit Tertinggi di Dunia

Korea Selatan menjadi pengguna kartu kredit tertinggi dunia sejak dua tahun lalu, hal ini berdasarkan data dari Bank of Korea. Sementara di Amerika Serikat saja, negara asal produk perbankan penerbitan kartu kredit hanya dapat membuat 77,9 transaksi kartu kredit per orang pada tahun 2011 dan Kanada membuat 89,6 per orang. Sedangkan Korea Selatan membuat sebanyak 129,7. Hal ini secara teknis ilegal untuk setiap pedagang (merchant) di negara itu untuk menolak kartu kredit, namun, tetap saja orang Korea tidak peduli seberapa rendah harga, bahkan semua taksi memiliki mesin kartu kredit. Oleh sebab itu Ibu Kota Seoul menjadi salah satu kota belanja utama di dunia.

3. Pekerja Keras

Korea Selatan memiliki tingkat pendidikan tertinggi di di negara-negara Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), dengan 98% dari populasi menyelesaikan pendidikan menengah dan 63% dengan pendidikan tinggi.

Anda bisa melihat di setiap kota di Korea, di mana lampu di gedung-gedung perkantoran terus menyala hingga larut malam. Menurut data Kementerian Strategi dan Keuangan Korea Selatan tahun 2012, Orang Korea bekerja selama 44,6 jam per minggu, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata negara OECD selama 32,8 jam per minggu.

Dan menurut sebuah studi yang dirilis pada bulan Agustus 2014, bersama dengan warga Tokyo, pekerja Korea mendapatkan paling sedikit jatah tidur dari setiap penduduk kota-kota besar di dunia, hanya kurang dari enam jam semalam.

4. Suka Mabuk

Bisnis minuman keras sangat laris di Korea. Sebab, meminum bir merupakan bagian dari budaya orang korea. Ketika mereka tidak bekerja, warga Korea akan selalu pergi ke Soju (bar) baik untuk merayakan hari perayaan mereka dan sekedar melepas penat akibat stres bekerja. Bahkan bagi mereka yang memilih keluar dari bar tanpa alasan yang jelas, akan dianggap kasar dan membosankan. Jinro Soju adalah minuman keras terlaris di Korea.

5. Suka Dandan

Untuk urusan tata rias wajah, orang Korea tidak bisa berhenti bereksperimen dengan bahan-bahan atau metode aplikasi untuk meciptakan produk kosmetik terbaru. Salah satu inovasi produk kecantikan yang mereka buat adalah Snail cream atau Krim Siput yaitu pelembab yang terbuat dari daging bekicot.

Industri kosmetik di negeri itu terbilang maju. Bahkan, pebisnis tak kehilangan akal untuk menggaet masyarakat untuk memperkenalkan produk kecantikan mereka. Semua tentang bahan-bahan asal Korea seperti Masker Pulau Jeju, masker tanah liat vulkanik Innisfree dan pelembab tempe menjadi produk-produk kecantikan unik yang mereka tawarkan.

Tak hanya wanita, pria Korea sama saja, mereka tidak akan ragu bermain-main dengan pisau bedah plastik. Pria korea juga mengikuti trend produk kosmetik terbaru. Pria Korea punya seperangkat produk perawatan kulit sendiri, bahkan make-up, paling tidak bedak foundation.

6. Banyak Pegolf Wanita terbaik

Mengapa wanita Korea begitu baik di golf? Berdasarkan peringkat dari induk organisasi golf dunia, memperlihatkan bahwa dari daftar 100 pegolf wanita terbaik di dunia, 38 wanita berasal dari Korea.

Inbee Park, (25) adalah pemain golf wanita kedua asal Korea sekaligus pemain termuda yang memenangkan kejuaraan golf AS Terbuka. Pada bulan Januari, Ko, (14) berhasil mencatatkan dirinya pegolf wanita termuda yang pernah memenangkan turnamen golf profesional.

7. Maniak Game

Anak laki-laki dan perempuan memilki kebiasan yang buruk, yakni gemar bermain game. Sekitar 14% anak di Korea antara usia 9 dan 12 menderita kecanduan game online. Bahkan pemerintah di sana telah mengluarkan larangan kepada anak berusia di bawah umur 16 tahun untuk bermain game. Namun larangan itu banyak diabaikan.

8. Pelayanan Pramugari Korea yang Mantap

Dalam dunia penerbangan, Selain Bandara Internasional Incheon yang dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia, Korea juga terkenal dengan pramugari yang cantik dan ramah.

Pramugari dari maskapai penerbangan di seluruh dunia datang ke pusat pelatihan penerbangan Korea untuk belajar bagaimana memberikan pelayanan udara yang tepat.

9. Kencan Buta

Setiap lajang di Korea selalu mengidamkan kekasih yang mereka inginkan sesuai dengan harapan mereka, salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mendaftarkan diri ke perusahaan biro jodoh yang akan menyediakan pasangan sesuai kriteria permintaan. Mereka pun akan bertemu di sebuah pertemuan yang sering disebut kencan buta (Blind Dates)

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Duo (perusahaan biro jodoh terbesar di Korea), para lajang yang bekerja tertarik dan mengatakan sesuai harapan dan selalu ingin melangsungkan hubungan ke jenjang pernikahan. Biasanya mereka pergi kencan buta dua kali dalam seminggu. Dari empat perusahaan perjodohan di Korea (ada 2.500 perusahaan di negara ini), Duo memiliki 63,2% pangsa pasar.

10. Operasi Plastik

Semua tentu tahu bahwa orang Korea gemar mempercantik wajah dengan operasi plastik. Rahang runcing, dahi lebar atau gigi rapi, tidak ada dokter fitur yang tidak dapat mempercantik area wajah di Korea.

Bahkan, dokter kecantikan dari Rusia, Cina, Mongolia dan Jepang datang ke Korea Selatan khusus belajar mengenai operasi plstik di sana. Tidak hanya untuk keterampilan ahli bedah, tetapi juga untuk mempelajari bisnis operasi plastik.

Rata-rata, Amerika Serikat membutuhkan setidaknya sekitar US$10 ribu untuk operasi plastik. Namun lain hal di Korea, berdasarkan keterangan ahli bedah plastik Kwon Seung Seoul National University Hospital, di Korea cukup menghabiskan US$2 ribu atau US$3 ribu untuk mendapatkan layanan yang sama seperti di AS

 

[Sumber: metrotv, naver, cnn]

4 COMMENTS

  1. Yang unik adalah kebiasaan mereka yang mencari kekasih dengan bantuan biro jodoh, padahal di sisi lain mereka juga punya kebiasaan melakukan operasi plastik, apa nggak cukup PD dengan memiliki penampilan menarik hasil oplas tapi masih aja minta bantuan biro jodoh buat cari pasangan???hehehehe :ngakaks

Leave a Reply