10 Kuliner Korea Yang Jarang Di Dengar

15

10 Kuliner Korea Yang Jarang Di Dengar

Sebenarnya ada banyak ragam masakan Korea, dari apa yang dilihat di K-drama atau membaca di website atau majalah, Selain hidangan populer seperti bibimbap, kimchi dan barbeque Korea, ada juga loh berbagai jenis makanan dari Korea yang pastinya nggak kalah lezat dari makanan Korea yang lain. Yuk kita lihat, berikut adalah beberapa dari spesialisasi kuliner yang mungkin jarang di dengar:

1. Pyeonyuk
Hidangan daging spesial ini memiliki cara yang menarik dalam proses pembuatan. Daging babi atau daging sapi dimasak dalam kaldu, untuk resepnya sendiri setiap keluarga di Korea memiliki resep andalan tersendiri untuk mengolahnya. Ini mungkin saja mengandung bahan-bahan makanan lain seperti soju (minuman beralkohol), doenjang (fermentasi pasta kacang kedelai), anggur beras atau kopi bahkan tanah. Daging dimasak hingga sangat lembut dan kemudian dibungkus kain dan diletakkan di bawah dengan sebuah beban berat. Kemudian diiris tipis sebelum disajikan.

***

2. Baechuseon
Seon adalah jenis hidangan sayuran dengan isian. Beachuseon terbuat dari daun nappa kubis yag di kukus dengan berbagai tambahan isian.

***

3. Muk
Muk adalah makanan seperti jelly yang terbuat dari berbagai jenis strach (acorn, soba, wijen) dan kemudian dibumbui dengan berbagai cara. Muk memiliki kekhasan tersendiri ketika kita ingin makan-makanan yang bergizi namun sangat langka dan orang-orang harus menemukan cara yang berbeda untuk membuat makanan ini dari apa pun yang tersedia.

***

4. Yuchenamul
Berbagai macam makanan Korea yang berasal dari sayuran, di antaranya jenis tanaman “We”, di Barat sendiri tanaman tersebut tidak akan pernah di lirik sebagai bagian dari masakan yang dapat dimakan. Yuchenamul terbuat dari kecambah lobak.

***

5. Dureup bugak
Dureup bugak dibuat dengan lapisan tunas muda dari pohon angelica Jepang (Aralia elata) dalam pasta beras ketan dan kemudian digoreng dalam minyak yang panas. Ini biasanya disajikan bersama jeonbyeong, semacam pancake.

***

6. Mandugwa
Mungkin semua orang tahu mandu, pangsit kecil diisi dengan daging atau sayuran, disajikan dan digoreng atau direbus atau bahkan di sajikan dalam sup. Ada versi manisnya juga loh, yang disebut mandugwa, jenis hangwa, atau kue tradisional Korea. Mandu diisi dengan tambahan yang manis dan kemudian dilapisi dengan sirup.

Photo from han5200.co.kr

***

7. Changnanjeot
Jeot merupakan bagian penting dari memasakan Korea, itu adalah jenis fermentasi dari asinan laut. Dan mereka menggunakan semua bagian dari makhluk laut! Changnanjeot misalnya terbuat dari usus pollock.

Photo: ajikang@daum

***

8. Ueongjorim
Yorim adalah jenis makanan yang dimasak secara hati-hati, dihidangkan dengan pasta cabai panas atau kecap. Yorim dapat dibuat dari benyak bahan antara lain, makarel, tahu atau lobak. Ueongjorim terbuat dari akar burdock yang lebih besar (Articum lappa).

Photo: sely.co.kr

***

9. Hwajeon
Jeon, atau Korea pancake mungkin terdengar seperti lonceng untuk penggemar budaya Korea. Tapi apakah kalian tahu tentang pancake bunga ini, yang sangat lembut dan indah dan populer disebut hwajeon? Mereka dibuat dengan kelopak bunga yang dapat dimakan, yaitu azalea atau krisan.

Photo: Repo21@Segye

***

10. Daseulgiguk
Masakan Korea yang menawarkan variasi berbeda dari sup. Tentu jika ingin, kalian dapat membuatnya sendiri di rumah, kuliner satu ini juga seperti daseulgiguk, dan terbuat dari siput air tawar spesies Semisulcospira libertina yang dapat di makan.

Sumber: korea dot net (Foto: google search) | Trans: yunaaratajj92@salamkorea

Profile photo of Hermailinda Evianisa
Me "YunaArataJJ92" | Author | Fanfiction | "You'll never know.., what will happen to your life, Whether it's joy or sadness ..., you'll never know the future in front of you ... even if you try to do your best, you will experience it too, no matter how hard you're away ... the fact that you have to live like that ... "Quotes Fill My Heart With Song

15 COMMENTS

  1. ya ampun kalian semua unik unik yah >< makanan korea unik unyu…dari mulai penyajian dan rasanya bikin penasaran deh, tapi emang kayanya selalu di sertai wijen hmmm disana pd doyan wijen ya :cool itu yang daseulgiguk mirip tutut sawah yah hahaha doyan banget tuh sama tutut sawah yg di sayur sama almarhum nenek :sorry kangeeeeen

  2. wow ternyata kuliner korea masih banyak bukan cuma sekedar jjangmyun, bulgogi, kimbap yang sering kita denger dan liat. dan kuliner yang jarang ini rasanya sepertinya enaaak banget deh kalo diliat dari penampilannya apalagi hwajeon yang penampilannya menarik banget

Leave a Reply