Pesona Historis dan Kultural Danyang

1

Pulau Jeju, Busan, dan Gyeongju merupakan kota di Korea Selatan terkenal akan keindahan wisatanya. Namun ternyata negeri Hingseng ini masih banyak kota lain yang tidak kalah indahnya.

Salah satunya adalah kota Danyang. Yang terletak di wilayah propinsi Chungcheong Utara. Danyang berisi banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi serta berbagai macam jenis rekreasi olahraga yang tentunya patut dicoba oleh wisatawan.

Danyang welcome

Patung Selamat Datang Danyang

Saat pertama kali memasuki Danyang, Jeolchin akan dikelilingi oleh bukit dan pegunungan yang terbuat dari batu raksasa oleh karena itu Danyang memiliki banyak situs gua yang mempesona. Gua yang paling terkenal ialah gua Gosu, untuk menjelajahinya pengunjung diberi dua pilihan yakni menaiki kapal atau hiking.

Danyang

Ada 8 area yang ditunjuk sebagai tempat yang memiliki pemandangan paling indah di Danyang, yaitu Haseonam, Jungseonam, Sangseonam, Sainam, Gudambong, Oksunbong, Dodamsambong, dan Seokmun.

Saat periode Joseon (1392-1910), 8 area tersebut juga sering dikunjungi dan memiliki banyak peninggalan bersejarah. Bukit Dodamsambong adalah yang paling terkenal dengan tiga batu besar yang membentuk huruf “S” serta berdiri tegak di tengah sungai Namhangang. Pemandangan seperti ini diklaim merupakan satu-satunya di dunia.

Ketiga batu itu pun mempunyai nama: batu yang paling besar ialah Nampyeonbong (Janggunbong), batu yang terletak agak sedikit jauh dari batu lainnya ialah Cheobong (Adeulbong) dan Cheopbong (Ddalbong) merupakan batu terakhir. Ketiga nama itu berdasar pada legenda tentang terbentuknya batu tersebut.

Dahulu kala, ada pasangan suami istri yang lama tidak dikaruniai anak. Sang suami kemudian mencari perempuan lain agar dapat mempunyai anak. Mengetahui hal tersebut, sang istri marah kepada suaminya dan karena hal itulah batu Cheobong terletak lebih jauh daripada dua batu lainnya. Batu Cheobong tersebut juga terlihat seperti membelakangi kedua batu lainnya yang menandakan bahwa sang istri sangat marah dan sedih. Legenda serta posisi batu tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Danyang Dodamsambong

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rekreasi olahraga juga merupakan poin utama dari wisata Danyang. Jeolchin bisa mencoba paralayang di puncak pegunungan, menaiki kapal feri yang berjalan mengelilingi sungai serta mengantar ke Chunpoong, sebuah tempat khusus untuk bungee jumping. Jet ski, banana boat, arung jeram juga tersedia disana. Wilayah Danyang yang dikelilingi oleh sungai sehingga banyak tempat berkemah dan memancing.

철쭉

Danyang memiliki pasar jalanan yang tidak pernah sepi. Ada sebuah area di pasar tersebut yang penuh dengan bawang putih dikarenakan Danyang juga terkenal akan bawang putihnya. Pada sore hari, ditampilkan berbagai jenis acara hiburan oleh penduduk setempat. Bahkan ada sebuah tempat karaoke terbuka yang mempersilahkan siapapun yang ingin bernyanyi di depan publik secara gratis!

Sungai Han sebagai ujung dari pasar jalanan tersebut merupakan tempat yang sangat tepat untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Dekorasi lampu pada malam hari sangat disayangkan untuk tidak diabadikan serta jajaran kafe kecil bisa dipilih sebagai tempat untuk relaksasi dan memandangi langit Danyang di malam hari.

Penasaran dengan pesona lainnya dari Danyang? Jeolchin wajib memasukkannya dalam daftar tujuan saat berlibur ke Korea ya!

Picts: KTO, Danyang website

Profile photo of ichaayu
Concert | Photography | Writing

1 COMMENT

Leave a Reply