SBY Dianugerahi Gelar Grand Order of Mungunghwa

1
sby

Susilo Bambang Yudhoyono  (SBY) kembali memperoleh penghargaan tertinggi internasional. Presiden RI ke 6 tersebut dianugerahi gelar Grand Order of Mungunghwa oleh Presiden Korea Selatan, Park Geun Hye. Nama Grand Order of Mugunghwa sendiri diambil dari nama bunga nasional Negeri Gingseng, the Rose of Sharon. Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi SBY dalam membina hubungan baik antar kedua negara, Korea Selatan dan Indonesia selama ia menjabat sebagai kepala negara. Demikian dilansir The Korea Herald Rabu (19/11/2014).

Penganugerahan gelar dilakukan di Istana Presiden Korea Selatan, sesaat sebelum SBY secara resmi menerima jabatan barunya sebagai Presiden Majelis Global Green Growth Institute (GGGI), menggantikan mantan Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen. Organisasi yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan ini merupakan organisasi yang mengatur pertumbuhan ekonomi ramah lingkungan yang bertujuan untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan khususnya di negara-negara berkembang.

Park juga menyampaikan dukungannya kepada SBY untuk  selalu berupaya memelihara organisasi yang baru genap berusia dua tahun itu agar menjadi badan internasional yang kompetitif.  Dalam kesempatan tersebut, SBY pun tak luput memberikan pujian kepada Park atas keberhasilannya dalam menggerakkan sektor ekonomi kreatif yang telah memberikan banyak inspirasi tentang bagaimana pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan dapat diraih secara bersamaan.

 

Photo credit: koreaherald.com

 

 

Profile photo of Farida Yulistiana
Into Korean thingy!

1 COMMENT

Leave a Reply