Samsung Tanamkan Investasi ₩15,6 Triliun untuk Bangun Pabrik Chip Baru

1

Samsung Elektronik asal Korea Selatan pada Senin (6/10/2014), mengatakan pihaknya berencana membangun pabrik chip baru senilai ₩15,6 triliun di kompleks industri Pyeongtaek, Provinsi Gyeonggi.

Pembangunan pabrik yang dijadwalkan mulai tahun depan, akan dibangun di atas lahan seluas 790.000 meter persegi dan baru akan memproduksi chip pada 2017 mendatang.

1³â9°³¿ù¸¸¿¡ 61Á¶ »ç¶óÁø »ï¼ºÀüÀÚ ½Ã°¡ÃѾ×

Kantor Samsung Elektronik yang terletak di Seocho-dong (Yonhap)

 

Pembangunan pabrik baru di Pyeongtaek ini merupakan investasi terbesar perusahaan pada fasilitas produksi chip untuk saat ini, jauh di atas 7,3 triliun mengungguli nilai investasi pabrik semikonduktor yang dibangun di Xian, Tiongkok pada 2012 silam.

Perusahaan berencana menanamkan investasi  di Pyeongtaek menyusul permintaan yang begitu tinggi terhadap chip yang diperlukan untuk perangkat mobile, pakaian, dan segala perangkat  yang terhubung ke internet.

Kim Ki-nam, presiden unit semikonduktor Samsung Electronik, mengatakan bahwa perusahaan belum memutuskan apakah akan memproduksi chip memori, chip sistem atau keduanya di Pyeongtaek.

“Mengingat kondisi pasar saat ini, (permintaan) chip memori dalam perangkat mobile diperkirakan akan tumbuh, sementara kami mengharapkan peningkatan permintaan untuk chip sistem di mobil dan interner,” kata Kim kepada wartawan.

Kim menambahkan bahwa perusahaan akan menghabiskan ₩ 5600000000000 untuk membangun pabrik di Pyeongtaek, dan 10 triliun won untuk peralatan pada tahap pertama dengan rencana tambahan untuk berinvestasi lebih banyak tahun depan.

Samsung Electronik mengatakan, pabrik Pyeongtaek akan menghasilkan senilai ₩ 26000000000000 setelah produksi dimulai, dan akan menciptakan sekitar 150.000 lapangan kerja.

Perusahaan memutuskan untuk berinvestasi di pabrik setahun lebih cepat dari yang telah direncanakan, berkat dukungan dari pemerintah Pyeongtaek.

“Pabrik semikonduktor di kompleks Pyeongtaek akan memainkan peran penting dalam masa depan bisnis chip Samsung Electronik,” kata Kwon Oh-hyun, kepala eksekutif dan wakil ketua Samsung Electronik.

Photo credit: Yonhap

SOURCE The Korea Herald
Profile photo of Farida Yulistiana
Into Korean thingy!

1 COMMENT

Leave a Reply