Sun Hyun Woo Yang Sukses Mengajar Bahasa Korea

2

TTMIK 1

Kesuksesannya berawal di tahun 2009 ketika ia membuat website Talk to Me in Korean. Selama lima tahun, pengguna websitenya mencapai 8.7 juta di 199 negara seluruh dunia. Jumlah orang yang mengunduh bahan pelajaran bahasa korea sudah melebihi 50 juta.

Melalui website ini, Sun Hyun Woo berbagi melalui situs media sosial baik Facebook dan Youtube. Ia juga membuat siaran yang bisa diunduh oleh siapa saja yang mengakses websitenya.

ttmik-logo-itunes

Pria yang kini berusia 34 tahun ini mendapatkan ide dari hobinya berkirim surat dengan orang asing ketika duduk di universitas.

“Ketika aku kembali ke sekolah setelah 2 tahun menjalani wajib militer di tahun 2oo4, aku ingin mempunyai banyak teman orang asing. Jadi aku memperkenalkan diriku di website untuk menjalin pertemanan dengan orang yang ingin berbicara denganku,” ungkapnya.

Melalui cara ini, Sun Hyun Woo mendapatkan banyak respon dan lebih dari satu jam sehari dia meluangkan waktu untuk membalas pesan yang masuk. “Aku ingin memperkenalkan budaya Korea dan mencoba untuk mencari referensi dalam bahasa Inggris. Lalu menemukan peluang bisnis dengan mengajarkan budaya Korea kepada orang asing,” kenangnya.

Sun Hyun Woo memulai bisnis dengan dua orang teman untuk fokus pada pelajaran bahasa Korea. Proyek pertamanya adalah bentuk siaran untuk orang Amerika. “Orang Amerika sering mendengarkan radio, mungkin karena mereka sering menyetir. Jadi dengan membuat rekaman yang mudah didengarkan dapat menekan biaya produksi juga,” katanya Sun.

Enam bulan kemudian, 6 juta orang mendengarkan siarannya. “Orang yang mengakses informasi berasal dari banyak negara. Aku menerima email dari Perancis, Jerman, Spanyol, serta Italia dan membalas email mereka.

Berkat budaya Hallyu, ia juga mendapat popularitas di Asia tenggara. Sun Hyun Woo menambahkan bahwa kunci kesuksesannya adalah orang asing yang hobi belajar bahasa Korea. “Bagi orang asing, belajar bahasa Korea bukanlah hal utama. Oleh karena itu melalui website ini dibuat dengan cara yang lebih menyenangkan,” ujarnya.

Sebagian besar pelajaran Korea Sun Hyun Woo bisa didapatkan tanpa biaya untuk e-books dan beberapa layanan. Ia menjalankan bisnisnya ini bukan untuk uang namun menyebarkan budaya Korea.

 

Disadur dari Chosun Ilbo.

2 COMMENTS

Leave a Reply