Anak-anak di Korea Kecanduan Internet

4

C0A8CA3C0000012471A13B6B000007DE_P2

Kecanduan internet menjadi masalah yang tumbuh sekarang ini, terutama di kalangan anak-anak. Pada jaman sekarang ini, internet justru lebih memberikan pengaruh kepada anak-anak dibanding orang dewasa karena semakin banyaknya yang menggunakan gadget canggih.

Banyak ahli mengatakan bahwa orang tua dapat menekan tingginya angka kecanduan internet pada anak-anak. Caranya yaitu dengan memberikan perhatian lebih pada seberapa sering anak-anak menggunakan internet.

“Kecanduan oleh internet ini ditandai dengan perasaan khawatir dan kesal jika tidak dapat mendapatkan akses internet,” ujar Bae Joo Mi, pakar di institute Konseling Korea. Ia juga menambahkan, “kecanduan ini juga ditandai dengan tidak bisa lepas dari internet bahkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Dari sebuah survey ditemukan bahwa murid sekolah menengah dan sekolah tinggi menghabiskan waktu lebih dari lima jam sehari untuk menggunakan internet. Hal ini tentu saja memperbesar risiko kecanduan internet pada remaja. Sedangkan pada murid sekolah dasar, rata-rata penggunaan internet adalah selama dua jam sehari yang juga dapat membuat mereka kecanduan internet jika terus berlanjut.

“Orang tua harus mengawasi anak-anak mereka dalam penggunaan internet. Akan lebih baik jika mereka bermain dengan teman sebayanya atau berpartisipasi dalam kehidupan sosial daripada diam di rumah dan menggunakan internet secara berlebihan,” imbuh Bae.

 

Disadur dari Chosun Ilbo.

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

4 COMMENTS

Leave a Reply