Korea Selatan dan Rusia Siap Bersaing dalam Piala Dunia

1

South Korea Football Team

Korea Selatan dan Rusia ditempatkan dalam satu grup di Piala Dunia Brazil 2014. Mereka sama-sama berada di grup H. Keduanya akan bertanding pada hari Selasa, 17 Juni 2014 waktu setempat atau Rabu, 18 Juni 2014 pukul 05.00 WIB.  Pertandingan antara Korea Selatan dan Rusia akan dilaksanakan di Arena Pantanal, Cuiaba, Brazil.

Dalam gelaran Piala Dunia keempat dan terakhir baginya, Hong Myung Bo memimpin timnas Korea Selatan yang melenggang hingga semifinal dalam Piala Dunia 2002. Dua belas tahun kemudian, pada Piala Dunia 2014, Hong Myung Bo menjadi pelatih timnas Korea Selatan. Tentunya akan menjadi prestasi tersendiri apabila Korea Selatan bisa lolos dari fase grup ke babak enam belas besar.

Beberapa kekalahan dalam pertandingan pra Piala Dunia mungkin membuat kepercayaan diri para pemain melemah. Hal ini akan mempengaruhi penampilan saat tim menghadapi Rusia, tim asuhan Fabio Capello pada pertandingan mendatang. Tapi, Korea selatan tentu memiliki banyak pengalaman dalam Piala Dunia.

“Kami memiliki kenangan yang baik dari Piala Dunia yang lalu karena kami lolos fase grup. Maka, kami juga ingin lolos dari fase grup pada Piala Dunia ini,” kata Ki Sung Yeung, gelandang timnas Korea Selatan, “tapi tentunya tidak akan mudah, akan sulit. Kami harus berjuang dalam setiap pertandingan.”

Jika diamati, Korea Selatan dan Rusia akan bersaing untuk mendapatkan posisi juara dua grup H. Juara grup H diperkirakan akan jatuh ke tangan Belgia. Belgia memiliki pemain-pemain muda yang cemerlang. Generasi emas Belgia baru saja mekar tepat saat Piala Dunia 2014 akan berlangsung. Sementara itu, tim lain dalam grup H adalah Aljazair. Tetapi, hasilnya akan ditentukan saat laga Korea Selatan melawan Rusia di Cuiaba.

Rusia ditukangi oleh Fabio Capello. Capello sebelumnya mengalami masa yang sulit saat pertama kali membawa Inggris pada Piala Dunia 2010. Inggris lolos ke babak enam belas besar dengan susah payah sebelum akhirnya kandas setelah kalah dari Jerman di babak perdelapan final. Rusia juga mengalami cobaan yang berat ketika harus kehilangan kapten mereka, Roman Shirokov. Shirokov harus absen karena cedera punggung beberapa hari sebelum Piala Dunia.

Capello mengatakan bahwa Piala Dunia 2014 ini adalah ajang latihan menjelang Piala Dunia 2018 yang akan diadakan di Rusia. Ia mengatakan, timnas Rusia tidak akan begitu tertekan. Tapi, mengingat grup H yang tidak terlalu kuat, gagal lolos dari fase grup akan sangat mengecewakan bagi Rusia.

Dengan absennya Shirokov, Capello memanfaatkan laga-laga persahabatan untuk mencari formasi yang tepat bagi timnas Rusia. Ia mengandalkan Dmitri Kombarov dan Yuri Zhirkov. Striker muda Alexander Kokorin diperkirakan akan bermain di depan dan Alexander Kerzhakov akan menopangnya. Sampai saat ini, Capello belum menunjuk kapten baru yang akan memimpin timnas Rusia.

Korea Selatan harus menelan kekalahan 2-1 dari Rusia dalam sebuah laga persahabatan di Dubai pada bulan November lalu. Pada laga pra Piala Dunia terakhir, mereka juga menderita kekalahan besar 4-0 dari Ghana di Miami. Hal ini menunjukkan lemahnya lini belakang Korea Selatan dan minimnya kemampuan serangan mereka.

Laga ini akan menjadi laga terakhir dalam rangkaian pertandingan pembuka Piala Dunia 2014.

Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

1 COMMENT

Leave a Reply