Pemerintah Korea Beri Bantuan ke Indonesia Sebesar Rp7 Milyar

PSALAMKOREA.COM – Pandemi Covid-19 yang semakin menyebar luas ke berbagai negara hingga Indonesia membuat pemerintah khawatir akan kondisi rakyatnya. Korea Selatan adalah salah satu negara pandemi dengan jumlah kasus positif yang melebihi 10.000 kasus. Sedangkan Indonesia sendiri memiliki sekitar 3.000 kasus positif. Sebagai bukti persaudaraan kedua negara antara Indonesia dan Korea Selatan, pada Selasa, 31 Maret lalu, Pemerintah Korea Selatan telah memutuskan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada Pemerintah Indonesia.

1. Bantuan senilai 7 Milyar

Penyerahan bantuan dari Pemerintah Korea Selatan ke Pemerintah Indonesia

Penyerahan bantuan dari Pemerintah Korea Selatan ke Pemerintah Indonesia.

Bantuan senilai 500.000 USD atau setara dengan sekitar 7 Milyar Rupiah tersebut ditujukan untuk mendukung Indonesia yang sedang menghadapi kesulitan dalam penanganan penyebaran Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan nama coronavirus. Bantuan kemanusiaan senilai 500.000 USD dalam bentuk in-kind (dalam bentuk barang) tersebut meliputi alat tes (PCR test kit), dan 300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power sprayer) untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Indonesia.

2. Bantuan berupa alat penyemprot

Alat penyemprot yang sudah tiba lebih dahulu.

Alat penyemprot yang sudah tiba lebih dahulu.

Dari bantuan kemanusiaan tersebut, 300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power sprayer) telah terlebih dahulu tiba di bandara Soekarno-Hatta pada pukul 3:25 WIB hari Rabu, 8 April 2020. Alat tes (PCR test kit) dan peralatan tambahan lainnya akan dikirim ke Indonesia dalam waktu dekat.

Di tengah merebaknya wabah Covid-19 di seluruh dunia, keputusan pemerintah Korea Selatan tersebut diharapkan akan semakin mempererat hubungan kerja sama dan persahabatan antara Korea Selatan dan Indonesia. Indonesia merupakan mitra utama dalam New Southern Policy Korea Selatan dan satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang memiliki Special Strategic Partnership (Kemitraan Strategis Khusus) dengan Korea Selatan.

3. Pererat hubungan kerja dan persahabatan

Pemerintah Korea Selatan dan Indonesia menandatangani penyerahan dana bantuan.

Pemerintah Korea Selatan dan Indonesia menandatangani penyerahan dana bantuan.

Kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan hubungannya menjadi Special Strategic Partnership pada KTT yang digelar di Istana Bogor pada November 2017 lalu. Saat ini banyak negara dari seluruh penjuru dunia terus mengajukan permintaan kepada Korea Selatan untuk dapat berbagi pengalaman mengenai penanganan penyebaran Covid-19 dan penyaluran bantuan pengendalian penyebaran wabah tersebut beserta peralatan kesehatan. Indonesia sebagai salah satu negata yang mendapatkan kesempatan untuk menerima bantuan kemanusiaan dan informasi penanggulangan penyebaran penyakit dari Korea Selatan.

4. Perusahaan Korea Selatan ikut menyumbang

Keputusan Korea Selatan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada Indonesia menjadi bukti eratnya hubungan kedua negara. Selain bantuan dari Pemerintah Korsel, perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang beroperasi di Indonesia turut serta dalam menyalurkan bantuan dengan memberikan sumbangan bagi Indonesia dalam penanganan Covid-19.

LG Group telah menyumbang alat tes (untuk pemeriksaan sebanyak 500.000 kasus). Bantuan LG Group tersebut telah tiba di Jakarta. Korea Midland Power (KOMIPO) juga berencana mengirimkan APD (Alat Pelindung Diri) senilai 100.000 USD ke Indonesia. Sejumlah perusahaan asal Korsel lain juga sedang merencanakan pemberian bantuan ke Indonesia. Kedutaan Besar Korea Selatan akan terus bekerja sama secara intensif dengan Pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19.