Resep Kimchijeon Alias Bakwan Kimchi ala Korea

Jika mendengar kata “gorengan”, tahu isi, tempe mendoan, dan bakwan pasti masuk dalam daftar jenis makanan yang pas disantap ketika masih dalam keadaan hangat. Di Korea pun, dikenal satu menu makanan jalan yang dikenal dengan kimchijeon (김치전) yakni makanan yang juga dikenal dengan sebutan bakwan kimchi. Diolah dari tepung terigu, makanan ini menjadi salah satu jajanan favorit yang wajib dicicipi jika mampir ke negeri Ginseng.

KimchijeonJika Jeolchin belum sempat mencicipi langsung maka tak ada salahnya mencoba resep kimchijeon di rumah. Bahannya cukup mudah di dapat dan cara membuatnya pun mirip seperti membuat bakwan pada umumnya.

Bahan:
300 gr kimchi, potong kecil-kecil
100 gr daging babi atau daging sapi giling
5 batang daun bawang, iris tipis
1/2 buah bawang bombai, iris tipis
1 gelas tepung terigu
1 gelas air
1 butir telur ayam
1 sdt minyak wijen
1/4 sdt lada
Minyak goreng
Mayonese
Saus sambal/tomat

Cara memasak:

  • Campurkan tepung terigu, air, dan telur kemudian aduk secara merata. Masukkan kimchi, daging, daun bawang, dan bawang bombai lalu aduk rata. Tambahkan garam, lada, dan minyak wijen secukupnya.
  • Panaskan wajan yang sudah diberi  minyak. Setelah panas, tuangkan adonan dan masak hingga kecoklatan lalu dibalik. Lakukan hal yang sama pada sisi satunya. Gunakan api sedang agar bagian dalam adonan juga matang. Angkat kemudian tiriskan minyak. Sajikan selagi panas. Beri saus dan mayonese sebagai pelengkap.

Untuk 1 porsi.

Profile photo of adelleda
everything will better in the morning, if it still not work then just wait for another morning until it's getting better. ^^ Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with healthcare things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially Jung Hae In oppa... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^