Nikmatnya Tumis Cumi ala Korea

squid

Tumis cumi ala Korea rasanya renyah dan menggoda selera, dengan sedikit rasa pedas, sepertinya cocok sebagai sebuah menu makanan pembuka selera.

Bahan:

Bawang (ditumbuk halus)

Irisan jahe

Arak masak atau arak putih

Kecap

Garam

Saus cabai Korea

Bubuk daging sapi

Bawang Bombay

Paprika

750 gr cumi-cumi

 

Cara Membuat:

  • Cumi diiris selang seling, (pastikan untuk membedakan cumi bagian dalam dan luar, bagian dalam berwarna muda, bagian luar berwarna gelap) . Pastikan untuk mengiris cumi dari bagian dalam, jangan dari bagian luar, sebab jika diiris dari bagian luar, cuminya tidak akan menggulung. Miringkan pisau saat mengiris, sekali iris dan harus cepat, setelah cuminya berbentuk irisan selang seling, kemudian iris lagi dengan putaran 90 °, lalu dipotong kecil segitiga sesuai dengan garisnya.
  • Panaskan air secukupnya, jumlah air tidak lebih tinggi dari cumi saat dimasukkan ke dalam wajan, tambahkan jahe dan arak masakan. Setelah mendidih, masukkan cuminya. jangan terlalu lama membiarkan cumi dalam airnya mendidih, cukup 30 detik, bila tidak cuminya akan menjadi layu, sehingga gurihnya tidak terasa. Cumi yang sudah di didihkan kemudian disaring dengan air dingin, agar cuminya menggulung.
  • Bawang Bombay dan paprika dipotong kurang lebih sama seperti potongan cumi. Tuang minyak ke dalam wajan panas, jahe dan bawang halus ditumis, setelah tercium aroma harum, masukkan bawang Bombay, saus cabai Korea (cukup sedikit saja, sebab orangtua tidak boleh makan dengan rasa terlalu pedas), kemudian tambahkan paprika hijau, cumi, tuangkan sedikit campuran arak putih atau arak masak, kecap, garam, bubuk daging sapi, tumis aduk hingga rata, diamkan sejenak, siap disajikan.

 

Sumber:  Epochtimes, Era Baru Media

Profile photo of adelimaa
everything will better in the morning, if it still not work then just wait for another morning until it's getting better. ^^ Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with healthcare things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^