Permainan Tradisional Korea “Jegichagi”

Jika menonton drama “Man From the Stars” Jeolchin pasti menemukan adegan ketika Kim Soo Hyun menghentikan waktu, kemudian melakukan permainan tradisional. Tahukah Jeolchin jika permainan itu masih dimainkan hingga kini di Korea? Permainan ini disebut Jegichagi (제기차기), yaitu salah satu jenis permainan yang dimainkan di ruang terbuka. Pada musim dingin, anak-anak di Korea biasa memainkan permainan tradisional ini bersama teman-teman mereka, terutama tahun baru Imlek.

Untuk memainkannya dibutuhkan keterampilan kaki dan juga “Jaegi” yakni alat yang digunakan untuk memainkan Jegichagi. Jaegi terbuat dari beberapa keping koin Korea Yeopjeon, kemudian diletakkan di tengah 2 kertas tradisional Korea yang biasa disebut Hanji dan diposisikan saling tumpuk menyilang sebelum akhirnya dibungkus.

Cara bermainnya pun sangat mudah, jika Jegichagi dimainkan satu lawan satu maka orang yang berhasil menendang jaegi terus menerus dengan hitungan terbanyak maka dia yang akan menang. Jika Jegichagi dimainkan secara berkelompok, maka para pemain membentuk sebuah lingkaran dan secara berurutan harus menendang Jaegi tanpa jatuh ke tanah. Jika ada pemain yang gagal menerima jaegi dari temannya dan membuat jaegi jatuh maka dinyatakan kalah.

P1500640

Untuk hukumannya, pemain Jegichagi yang kalah harus untuk melontarkan jaegi kepada yang menang kemudian jaegi tersebut dilontarkan pada para pemain lain. Hukuman akan berakhir dan yang kalah bisa bermain kembali, ketika pemain Jegichagi yang kalah berhasil menangkap kembali jaegi dengan tangannya.

Menurut kisah, permainan ini dikembangkan dari latihan seni bela diri dengan teknik menendang. Namun menurut seorang ahli legenda sejarah Korea, Samguk Yusa, menyatakan bahwa orang Goguryeo di Cuju yang mengembangkan Jegichagi di Korea.

Di Korea, terdapat Jaegichagi Association, dan seringkali mengadakan turnamen-turnamen agar permainan ini tetap dikenal oleh masyarakat Korea bahkan memperkenalkannya secara global. Permainan ini juga sering dimainkan bintang-bintang Korea di beberapa acara variety show Korea, contohnya di variety show Running Man pada Episode 158 dan drama “Man From The Stars”.

Jeolchin, ada yang tertarik untuk memainkan permainan tradisional Korea satu ini? (yajj92)

Profile photo of Hermailinda Evianisa
Me "YunaArataJJ92" | Author | Fanfiction | "You'll never know.., what will happen to your life, Whether it's joy or sadness ..., you'll never know the future in front of you ... even if you try to do your best, you will experience it too, no matter how hard you're away ... the fact that you have to live like that ... "Quotes Fill My Heart With Song