Dua Alat Musik Ini Sering Muncul di K-Drama

Masih ingat drama “Jang Ok Jung” yang diperankan Kim Tae Hee dan Yoo Ah In? Di episode pertama drama tersebut menampilkan permainan gayageum dari Paman Raja yang diperankan Lee Sang Yeob.

Gayageum menjadi salah satu alat musik tradisional Korea yang seringkali kali muncul dalam drama Korea. Namun gayageun bukan satu-satunya yangbsering muncul lho! Ada beberapa alat musik tradisional yang juga sama populernya dengan gayageum.

1. Hageum

2014-04-01 11 10 07

Adalah alat musik senar tradisional korea, hageum ini menyerupai biola dengan 2 senar. Pegangannya berbentuk leher, kotak suara menyerupai kotak kayu berongga, dan memiliki 2 senar sutera. Biasanya hageum dimainkan dalam pertunjukan musik kerajaan dan musik rakyat. Bagi Jeolchin yang sudah menyaksikan drama korea “Dong Yi” pasti pernah melihat alat musik ini. Dalam drama seaguk tersebut Choi Dong Yi yang diperankan oleh aktris Han Hyo Jo yang seorang pelayan istana sering memainkan alat instrumen ini saat rindu dengan keluarganya.

2. Gayageum

coming201107021623470

Adalah alat musik petik tradisional korea yang menyerupai kecapi dengan 12 senar. Gayageum ini diciptakan oleh raja ke-6 dari kerajaan Gaya, yakni Raja Gasil dan masih dimainkan hingga kini meski telah mengalami beberapa perubahan. Gayageum modern mempunyai jumlah senar lebih banyak yakni 13,17,18,21,22 atau 25 buah senar yang terbuat dari nilon. Gayageum sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni sanjo dan jeongak. Gayageum modern merupakan modifikasi dari akhir zaman dinasti joseon pada abad ke-19 yang seringkali disebut dengan sanjo gayageum.

Dalam drama “Heartstring” aktris Park Shin Hye yang memerankan tokoh Lee Gyu Won seorang siswi di sekolah musik memainkan alat musik gayageum ini untuk perayaan ke 100 sekolahnya dan aktor tampan Kim Soo Hyun juga sempat memainkan alat musik ini dalam drama “The Moon That Embraces The Sun”.

 

Nah, apakah Jeolchin juga tertarik untuk memainkan alat musik tersebut?