Masyarakat Korea Mengalami Sindrom Burnout

1

Bukan menjadi rahasia lagi jika siswa-siswa di Korea Selatan mengalami stress. Hal ini kembali ditekankan dalam acara “In Depth 69 Minutes” di KBS yang tayang kemarin (20/5). Acara ini kemudian menekankan bahwa siswa-siswa tersebut juga menunjukkan sindrom burnout.

Sindrom tersebut terlihat ketika seseorang mengalami kelelahan mental dan meskipun telah beristirahat, mereka tetap merasa capek ataupun lelah. Mereka juga membenci dirinya sendiri karena terlalu fokus pada suatu hal, hingga mencapai level ekstrem.

Menurut acara ini pula, 3 dari 23 siswa sekolah dasar di Seoul memiliki level stress yang sama dengan pasien yang didiagnosa mengalami sindrom burnout. Selain itu, 14 dari 23 siswa memiliki level stress yang sama dengan pekerja yang telah bekerja selama 16 tahun. Studi lain menunjukkan bahwa 16 dari 21 mahasiswa di usia awal 20 juga menunjukkan sindrom burnout, menunjukkan jika level stress seseorang bisa meningkat dari usia muda.

Sementara itu, ahli yang muncul dalam acara ini juga menyatakan bahwa mayarakat Korea Selatan saat ini sedang mengalami kelelahan luar biasa. Ia juga menyatakan bahwa, “lebih dari 70% pekerja di negara ini mengalami sindrom burnout.”

SOURCE Soompi

1 COMMENT

Leave a Reply