10 Frasa Bahasa Korea yang Harus Diketahui Sebelum Berkunjung ke Korea

7

frasa-korea

 

Banyak fans yang memiliki impian berkunjung ke Korea Selatan, meskipun hanya sekali seumur hidup. Sebelum berlibur ke sana, ada baiknya kita mempelajari bahasa Korea. Kali ini, Jeolchin akan diajak mempelajari 10 frasa penting yang wajib diketahui sebelum berkunjung ke Korea Selatan. Setelah mengetahui 10 frasa ini, Jeolchin akan lebih mudah ketika berlibur di sana. Berikut 10 frasa pentingnya:

1. 안녕하세요 (an-nyeong-ha-se-yo) = halo

Frasa paling dasar adalah “halo” atau “annyeonghaseyo”. Apabila mengetahui frasa ini, Jeolchin bisa memulai percakapan dengan orang lain yang ditemui di sana. Frasa ini juga dapat diucapkan ketika masuk ke toko atau restoran.

2. 합니다 (joe-song-ham-ni-da) = maaf

Orang-orang Korea terkenal dengan kebiasaan mereka melakukan sesuatu dengan cepat. Berjalan dengan cepat di tengah kesibukan merupakan hal yang biasa. Maka, tidak jarang jika kita akan bertabrakan dengan orang. Jangan lupa mengucapkan frasa ini apabila kita tidak sengaja bertabrakan dengan orang disana, atau tidak sengaja melakukan kesalahan lainnya.

3. 주세요 (ju-se-yo) = tolong/tolong berikan

Frasa ini penting. Ketika Jeolchin berada di toko atau restoran dan memesan sesuatu, Jeolchin tinggal menyebutkan objek yang diinginkan lalu menambahkan “juseyo” di belakangnya. Contohnya jika ingin meminta air: 물 주세요 (mul juseyo). Atau ketika ingin meminta tolong sesuatu pada orang lain, Jeolchin juga bisa menggunakan frasa ini. Misalnya untuk meminta orang lain memberi tahu sesuatu, Jeolchin bisa menyebutkan: 알려주세요 (allyeo juseyo).

4. 반갑습니다 (ban-gap-seum-ni-da) = senang bertemu dengan anda

Setelah memulai percakapan dengan “annyeonghaseyo”, sangat baik menyebutkan frasa ini.

5. 잠시만요 (jam-shi-man-yo) = tunggu sebentar

Kalau Jeolchin menanyakan arah jalan dan tiba-tiba harus mengambil kertas dan pulpen untuk mencatat, Jeolchin bisa mengatakan frasa ini agar orang tersebut berhenti bicara terlebih dulu.

6. 감사합니다 (kam-sa-ham-ni-da) = terima kasih

Frasa yang tidak kalah penting! Setelah dibantu ditunjukkan jalan, atau diberi sesuatu, sangat baik jika Jeolchin dapat mengucapkan terima kasih.

7. 어디예요 (eo-di-ye-yo) = di mana

Ketika kita berlibur di Korea, mungkin akan ada saatnya kita ingin menanyakan letak suatu tempat pada orang-orang. Cukup menyebutkan nama tempat diikuti dengan frasa “eodiyeyo”, Jeolchin dapat bertanya pada orang yang ditemui. Misalnya jika ingin bertanya letak 63 Building: “육삼 빌딩 어디에요?” (yuksam bilding eodiyeyo?)

8. 이것 (i-geot) = (yang) ini

Ketika memesan makanan tapi tidak bisa membaca hurufnya, Jeolchin bisa menunjuk menu dan mengatakan frasa ini. Atau ketika berbelanja di pasar dan ingin membeli sebuah barang tertentu, Jeolchin bisa menunjuk barang tersebut dan mengatakan: “이것 하나 주세요.” (igeot hana juseyo)

9. 얼마예요 (eol-ma-ye-yo) = berapa harganya

Ketika berbelanja dan ingin menanyakan harganya, Jeolchin dapat mengatakan frasa nomor 8 dipadukan dengan frasa nomor 9 ini: “이것 얼마에요?” (igeot eolmayeyo? = barang yang ini harganya berapa?)

10. 한국말 잘 못해요 (han-guk-mal jal mot-hae-yo) = saya tidak terlalu bisa bicara bahasa Korea

Sebagai wisatawan mancanegara, wajar saja kalau Jeolchin tidak dapat bicara bahasa Korea. Tidak ada salahnya untuk mengakuinya. Orang-orang Korea pun belajar bahasa Inggris di sekolah. Jadi, apabila Jeolchin mengalami kesulitan bicara bahasa Korea, mereka dapat membantu kita dengan menggunakan bahasa Inggris.

Itu dia 10 frasa penting yang perlu Jeolchin pelajari sebelum berlibur ke Korea! Semoga bermanfaat, ya!

SOURCE Koreaboo
Profile photo of Hyacinta Louisa
a full-time fangirl | a football supporter | an extreme dreamer

7 COMMENTS

Leave a Reply